PENGEMBANGAN MEDIA APLIKASI PERATURAN PERMAINAN DAN PERWASITAN SEPAKBOLA BERBASIS ANDROID

Gabriel Angga Possenti Yudibaskara,

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media peraturan permainan dan perwasitan sepakbola
berbasis android untuk masyarakat umum terutama pelaku sepakbola, yang berisi tentang peraturan permainan,
perwasitan dan kamus sepakbola yang mudah dipahami dan mudah didapatkan.
Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan mengacu langkah penelitian
Sugiyono yang diadaptasi menjadi 10 langkah.
Subjek penelitian ini adalah pelaku sepakbola umum. Uji coba kelompok kecil dilakukan terhadap 10 responden,
uji coba kelompok besar dengan 20 responden. Instrumen yang digunakan dengan menggunakan angket dan lembar
evaluasi. Hasil data yang diperoleh adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil
angket yang berupa angka. Data kualitatif yang dianalisis dengan menggunakan skala sehingga dapat mengunjukan
tingkat kelayakan produk.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media aplikasi peraturan permainan dan perwasitan
sepakbola layak digunakan sebagai media pembelajaran peraturan permainan dan perwasitan sepakbola yang
mudah dipahami dan mudah didapatkan. Hasil tersebut diperoleh dari hasil validasi ahli materi sebesar 82,6% yang
berarti baik/layak, validasi ahli media yang menunjukan hasil penilaian 64,7% yang berarti cukup baik/cukup
layak. Pada uji coba kelompok kecil, aplikasi ini mendapat hasil penilaian 85,4% yang masuk dalam kategori
baik/layak dan pada uji coba kelompok besar apilkasi ini mendapat hasil penilaian 88,04% yang masuk dalam
kategori baik/layak. Dengan demikian mendapatkan kesimpulan bahwa aplikasi ini baik/layak digunakan. Saran
dari aplikasi ini bisa menambahkan gambar gerak atau video dan bisa dikembangkan lagi ke smartphone yang
berbasis IOS.

Kata kunci: Peraturan permainan dan perwasitan sepakbola, aplikasi, android
 
Abstract
This research aims to develop the media of football's regulation and refereeing in Android basis for public,
especially for the players, which contains the game and refereeing regulations. It also provides a dictionary which
is effective, understandable, and accessible.
This researceh applies the research and development method which refers to Sugiyono's research steps
adapted into 10 steps. The subject of this research are the soccer players in general. The small group trial is
conducted towards 10 respondents, and the big group trials with 20 respondents. The researcher uses the
questionnairies and evaluation as the instrument. The results of this research are descriptive quantitative and
qualitative. The quantitative data is obtained from the questionnaire's results in numbers. Qualitative data is
analysed by using the scale to show the product's eligibility level.
The result if this research shows that the media development of soccer regulations and refereeing is
qualified to be used as learning media for soccer regulations and refereeing which is effective, understandable, and
accessible. The result is gained from the profesional/expert/specialist's validation of materials in 82.6%
categorized as competent, the profesional/expert/specialist's validation of media in 64.7% categorized as enough
competent. On the small group trials' evaluation, this aplication gets 85.4% categorized as competent, and on the
big group trials' evaluation, this aplication gets 88.04% categorized as competent. The researcher concludes that
this aplication is competent to be used. The suggestion for this aplication is on the additional of moving picture or
video, and the development for IOS basis using.

 
Keywords: soccer regulations and refereeing, application, android

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.