IDENTIFIKASI FAKTOR EKSTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Ogi Permana, , Indonesia

Abstract


Absstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal penyebab kesulitan belajar dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas VII SMP Negeri 15 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei, teknik pengambilan datanya dengan menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini yaitu sebagian siswa kelas VII di SMP Negeri 15 Yogyakarta yang terbagi dalam 10 kelas yang masing-masing kelas diambil secara acak sebanyak 6 siswa, jadi jumlah keseluruhan yaitu 60 siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dengan persentase. Uji Validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan hasil butir soal yang valid berjumlah 43 butir dari 49 pernyataan. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbarch sebesar 0,734 sehingga instrumen tersebut reliabel. Hasil penelitian menunjukkan identifikasi faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan siswa kelas VII di SMP Negeri 15 Yogyakarta secara keseluruhan yaitu sebanyak 6 responden (10%) memiliki kategori sangat tinggi, 12 responden (20%) memiliki kategori tinggi, 24 responden (40%) memiliki kategori sedang, 14 responden (23,3%) memiliki kategori rendah, dan responden (6,7%) memiliki kategori sangat rendah. Kata kunci: kesulitan belajar, PJOK, SMP Negeri 15 Yogyakarta THE IDENTIFICATION OF EXTERNAL FACTOR OF LEARNING DIFFICULTY CAUSE IN ATTENDING LEARNING OF SPORTS PHYSICAL AND HEALTH EDUCATION IN VII GRADE STUDENTS OF SMP NEGERI 15 OF YOGYAKARTA ABSTRACT This research was aimed to know the external factor of learning difficulty cause in attending learning of sports physical and health education of VII grade students of State Junior High School (SMP Negeri) 15 of Yogyakarta. This was a descriptive research using a survey method and data taking technique used a questionnaire. This research subjects were a part of VII grade students of SMP Negeri 15 of Yogyakarta divided into 10 classes that each class was taken randomly of 6 students so that in overall numbered 60 students. Data gathered was analyzed by a descriptive statistical technique by a percentage. Instrument validity test used a Pearson Product Moment formula with a valid exercise point result numbered 43 out of 49 statements. Reliability test used an Alpha Cronbach formula of 0.734 so that the instrument was reliable. The research results showed that the identification of external factor of student learning difficulty cause in attending sports physical and health educational learning of VII grade students of SMP Negeri 15 of Yogyakarta in overall numbered 6 respondents (10%) had a very high category, 12 respondents (20%) had a high category, 24 respondents (40%) had a moderate category, 14 respondents (23.3%) had a low category and ….respondents (6.7%) had a very low category. Keywords: learning difficulty, PJOK, State Junior High School (SMP Negeri) 15 of Yogyakarta

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.