KESIAPAN SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI SE- KABUPATEN SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Abstrak Sarana dan prasarana merupakan salah satu faktor penentu terhadap prestasi belajar siswa. Dengan diberlakukannya implementasi kurikulum 2013 maka diperlukan kesiapan sarana dan prasarana pembelajaran di SMPN se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dalam implementasi kurikulum 2013 di SMPN se-Kabupaten Sleman. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah SMPN se-Kabupaten Sleman sebanyak 46 sekolah dengan menggunakan Purposive Sample yang berjumlah 31 sekolah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan persentase.Hasil penelitian kesiapan sarana dan prasarana pendidikan jasmani dalam implementasi kurikulum 2013 di SMPN se-Kabupaten Sleman menunjukan bahwa, yang kategori baik sekali sebanyak 2 sekolah (6,45 %), kategori baik sebanyak 6 sekolah (19,35 %), kategori cukup sebanyak 14 sekolah (45,16 %), kategori kurang sebanyak 7 sekolah (22,58 %), dan yang berkategori sangat kurang sebanyak 2 sekolah (6,45 %). Kata Kunci: kesiapan, sarana dan prasarana, implementasi kurikulum 2013. Abstract Facilities and infrastructures are one of the determinants of student achievement. Applied with 2013 curriculum implementation is required for readiness of learning facilities and infrastructure at Junior High School throughout Sleman District. This study aims to determine the readiness of facilities and infrastructure of physical education in the implementation of the 2013 curriculum in Sleman District Junior High School. The type of research used in this study is descriptive quantitative. The population of research is Junior High School in Sleman regency as many as 46 schools using Purposive Sample which amounted to 31 schools. Instrument used in this research is questionnaire. Technique of data analysis uses statistic descriptive with percentage. The result of research on the readiness of facilities and infrastructure of physical education in the implementation of curriculum 2013 at Junior High School in Sleman Regency showed that the outstanding category is 2 schools (6.45%), good category 6 schools (19,35%), enough category 14 schools (45.16%), less catagory than 7 schools (22.58%), and least category than 2 schools (6.45%). Keywords: readiness, facilities and infrastructure, implementation of the 2013 curriculum.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.