ANALISIS IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PEMBELAJARAN PENJASORKES KELAS X SMA NEGERI 1 MINGGIR

Khoerul Anam, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian terhadap implementasi pendekatan saintifik yang dilaksanakan oleh guru penjasorkes di SMA Negeri 1 Minggir. Penelitian menggunakan Metode Kualitatif. Sedangkan untuk pengambilan data dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mingir. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang di fokuskan kepada guru penjasorkes. Responden sumber data yaitu menggunakan guru penjasorkes yang berjumlah 1 orang dan siswa yang diambil dari 4 kelas yang berbeda yaitu kelas X IPA 1 dan X IPA 2, kemudian kelas X IPS 1 dan X IPS 2. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik Triangulasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi mancakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini guru mengajar sudah menerapkan pendekatan saintifik dengan baik saat pembelajaran, namun masih belom sempurna. Dari aspek 5M yang ada di pendekatan santifik guru hanya melaksanakan 4M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi atau mencoba dan mengkomunikasikan atau menyajikan dalam pembelajaran penjasorkes. Dalam pelaksanaan keseluruhan guru masih belom melaksanakan kegiatan penutup. Kata kunci : Implementasi ,Pendekatan Saintifik ABSTRACT This study aims to conduct a study on the implementation of a scientific approach implemented by teacher in SMA Negeri 1 Minggir. This research using qualitative methods. While for data conducted in SMA Negeri 1 Minggir. Data collection techniques are using interview techniques, observation, and documentation focused on sports teacher. Respondent data source using sports teacher who amounted to 1person and students taken from 4 different classes that are class X IPA 1 and X IPA 2, then class X IPS 1 and X IPS 2. The data validity test is done by Triangulation technique. Data analysis techniques using descriptive analysis techmiques include data reduction, data presentation, and conclusions. The result of this research, teaching teacher have applied scientific approach well when learning, but still not perfect. From the 5M aspect that is in the scientific approach, the teacher only can doing 4M such as observing, asking, gathering information or trying and communicating or presenting in sports learning. In the whole implementation of the teacher still do not doing the clossing activities. Keywords : Implementation, Scientific Approach

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.