MOTIVASI SISWA KELAS VIII TERHADAP PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN PENDEKATAN TAKTIK DI SMP NEGERI 3 DEPOK SLEMAN TAHUN 2017/2018

Ema Siska Dewi, , Indonesia

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi motivasi siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran permainan bola voli dengan pendekatan taktik di SMP Negeri 3 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Depok Sleman yang berjumlah 128 siswa, diambil dengan teknik total sampling sehingga disebut penelitian populasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran permainan bola voli dengan pendekatan taktik di SMP Negeri 3 Depok Sleman berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 8,59% (11 siswa), “rendah” sebesar 21,88% (28 siswa), “sedang” sebesar 40,63% (52 siswa), “tinggi” sebesar 23,44% (30 siswa), dan “sangat tinggi” sebesar 5,47% (7 siswa). Kata kunci: motivasi, pembelajaran permainan bola voli, pendekatan taktik Abstract This research has aims to understand how high the motivation of VIII grades students in following the game of volleyball with a tactical approach in SMP Negeri 3 Depok Sleman. This research is a descriptive research. The method used a survey by using data questionnaire technique. The population in this study were all students of VIII grades in SMP Negeri 3 Depok Sleman which amounted to 128 students, taken with total sampling technique so called population research. The technique of data analysis using quantitative descriptive analysis which poured in the form of percentage. The results showed that the motivation of VIII grades students in learning volleyball game with tactical approach in SMP Negeri 3 Depok Sleman was in the “very low” category of 8.59% (11 students), “low” by 21.88% (28 students), “medium” by 40.63% (52 students), “high” by 23,44% (30 students), and “very high” by 5.47% (7 students). Keywords: motivation, volleyball game learning, tactical approach

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.