TINGKAT PENGETAHUAN PERATURAN FUTSAL PESERTA EKSTRAKURIKULER MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan peraturan futsal peserta ekstrakurikuler futsal di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Ditemukan 8 dari 17 indikator peraturan futsal berkategori kurang bahkan sangat kurang, antara lain: bola, jumlah pemain, wasit dan asisten wasit, mulai dan memulai kembali permainan, pelanggaran dan perbuatan tidak sopan, tendangan bebas, tendangan penalti serta tendangan ke dalam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode soal tes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan peraturan futsal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta yang berjumlah 90 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode total sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil pengetahuan siswa peserta ekstrakurikuler futsal di Madrasah Mu’allimin Yogyakarta, menunjukkan bahwa 4 siswa (4,4%) berada dalam kategori “sangat kurang”, 22 siswa (24,5%) berada dalam kategori “kurang”, 31 siswa (41,1%) berada dalam kategori “cukup”, 27 siswa (30,0%) berada dalam kategori “baik”. Dengan hasil ini dapat dijadikan masukan bagi pelatih ekstrakurikuler futsal di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta untuk meningkatkan pengetahuan siswa terkait peraturan futsal. Selain itu, hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bahwa pengetahuan tentang peraturan futsal sangat penting untuk mencapai prestasi olahraga futsal yang lebih baik. Kata kunci: pengetahuan peraturan futsal, peserta ekstrakurikuler futsal Abstract This purpose of this research is to find knowledge futsal regulation extracurricular participants futsal in Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Found 8 out of 17 indicators futsal regulation berkategori lacking even very weak, among other: the ball, the number of players, the referee and assistant referee, starting and restart of play, violence and shall not polite,a free kick, a penalty, and a shot inside the in. The research is research descriptive with the methods about test. Using techniques data collection test knowledge futsal regulation. Population in this research is all students who follow extracurricular activities futsal in Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta which were 90 students. The sample technique in a total of sampling. Technique analysis data using descriptive statistics quantitative with the percentage. The results of knowledge extracurricular students futsal in Madrasah Mu’allimin Yogyakarta, shows that 4 students (4,4%) be in category “very weak”, 22 students (24,5%) be in category “less”, 31 students (41,1%) be in category “enough”, 27 students (30,0%) be in category “good”. With this outcome was used as input in extracurricular coach futsal in Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta to increase knowledge students futsal regard to the regulations. In addition, the result of this research can be input that knowledge of regulation futsal very important to achieve a feat sports futsal better. Keyword: knowledge futsal regulation, participants futsal extracurricular
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.