PENGARUH LATIHAN PENDEKATAN TAKTIK TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNIK PASSING BAWAH EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMA NEGERI 1 GAMPING KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan teknik dasar passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 1 Gamping sehingga siswa kurang mampu dalam menguasai permainan bola voli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan pendekatan taktik terhadap kemampuan teknik passing bawah ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-postest design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa peserta ekstrakurikuler yang berjumlah 25 orang. Pengambilan data menggunakan tes dengan instrumen bradday volley ball test. Teknik analisis data menggunakan uji-t, melalui uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t mendapatkan sebesar 4,850 lebih besar dari sebesar 1,711 (4,850 > 1,711), sehingga menunjukan perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan teknik passing bawah setelah diberikan perlakuan dengan pendekatan taktik. Peningkatan yang terjadi adalah sebesar 8,27%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari latihan pendekatan taktik terhadap peningkatan kemampuan teknik passing bawah ekstrakurikuler bola voli SMA Negeri 1 Gamping Kabupaten Sleman. Kata kunci : pendekatan taktik, passing bawah, bola voli Abstract This research is based by the low ability basic technique of forearm pass extracurricular participants in SMA Negeri 1 Gamping so that students are less able to master the game of volleyball. The purpose of this research is to explain the effect of tactical approach training to improving technical ability of forearm pass on volleyball extracurricular at SMA Negeri 1 Gamping district Sleman. This research is an experimental research with one group pretest-posttest design. The population use in this research are students that participate on extracurricular amounting to 25 peoples. Data collection using test with bradday volleyball test instrument. Data analysis techniques use the t-test, through the prerequisite test of normality and homogeneity. The result of hypothesis test using t-test get equal to 4,850 bigger than equal to 1,711 (4,850> 1,711), so it shows significant difference of ability forearm pass technique after given treatment with tactical approach. The increase is 8.27%. From these results can be concluded that there is a significant effect of the tactical approach training on improving the ability of forearm pass technique on extracurricular volleyball at SMA Negeri 1 Gamping Sleman regency. Keyword : tactical approach, forearm pass, volleyball
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.