UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MENGELOLA WAKTU BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP N 1 PIYUNGAN

Muhammad Wahyu Arga, , Indonesia

Abstract


Abstrak Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengefektifk an waktu belajar siswa (learning time) dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang berfokus pada upaya untuk mengubah kondisi nyata yang ada sekarang ke arah yang diharapkan. Menurut Suharsimi Arikunto (2016: 41), penelitian tindakan terdiri dari 4 aspek pokok, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan demikian Penelitian Tindakan Kelas dalam penelitian ini adalah bentuk penelitian yang dilakukan oleh guru di sekolah dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani guna memperbaiki keadaan ke arah yang diharpkan.. Hasil penelitian yaitu: dihasilkan peningkatan pada waktu belajar siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan analisis data pada siklus kedua dan ketiga yang mengalami peningkatan dengan presentse siklus kedua a) Menunggu: 60%, b) Kelolaan: 20%, c) Pengajaran : 14,9%, d) Aktivitas: 5,1% dan siklus ketiga menjadi a) Menunggu: 8,5%, b) Kelolaan: 18,3%, c) Pengajaran : 19,7%, d) Aktivitas: 53,5%. Kata kunci : Upaya Peningkatan, Waktu Belajar siswa, Pendidikan Jasmani Abstract This research was aimed to improve teacher’s ability in making student’s learning time effective in learning physical education. This was a Class Action Research (PTK) that focus on efforts to change real condition existing today to the direction expected. According to Suharsimi Arikunto (2016:41), the action research consisted of 4 main aspects include: planning, implementation, observation and reflection. Therefore, class action research in this research was a research form conducted by teacher in school in process of physical education learning process in order to improve condition to the direction expected. The research results included: yield improvement in student’s learning time. This was proven by data analysis in second and third cycles that improved with second cycle percentage a) waiting: 60%, b) management: 20%, c) teaching: 14.9%, activity: 5.1% and third cycle became a) waiting: 8.5%, b) management: 18.3%, c) teaching: 19.7% and d) activity: 53.5%. Keywords: Improvement efforts, student’s learning time, physical education.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.