TINGKAT PENGETAHUAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS IV DAN V SD NEGERI SAMBIROTO 2 KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Abstrak Lingkungan sekolah yang bersih merupakan salah satu unsur penting dalam proses pendidikan. Agar ilmu dapat terserap maksimal oleh siswa maka kondisi sekolah harus nyaman dan terjaga kebersihannya. Peranan siswa meliputi pengetahuan dan keikutsertaannya dalam permasalahan lingkungan perlu dibina dan dikembangkan sebab siswa memegang peranan penting dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan kebersihan lingkungan sekolah pada siswa kelas IV dan V SD Negeri Sambiroto 2 kecamatan Kalasan kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan Tes pilihan ganda yang terdiri dari 20 butir pertanyaan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V SD Negeri Sambiroto 2 Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman yang berjumlah 62 siswa. Untuk menganalisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa sekolah dasar kelas IV dan V tentang kebersihan lingkungan sekolah di SD Negeri Sambiroto 2 Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman sebagian besar adalah sangat tinggi. Sebanyak 22 siswa kelas IV (85%-100%) dan 25 siswa kelas V (85%-100%) mempunyai pengetahuan sangat tinggi, 7 siswa (70%-84%) kelas IV dan 8 siswa kelas V (70%-84%) mempunyai pengetahuan tinggi. Kata Kunci: tingkat pengetahuan, kebersihan lingkungan sekolah. Abstract A clean school environment is an important element in the education process. In order for science can be absorbed by the students maximum, the condition of the school should be comfortable and maintained clean. The role of students including their knowledge and participation in environmental issues needs to be fostered and developed because students play an important role in creating a clean and healthy environment. This study aims to determine the knowledge level of environmental cleanliness of the school on the fourth and fifth grade students at State Elementary School Sambiroto 2 Kalasan district Sleman regency. This research is a quantitative descriptive research using multiple choice test consisting of 20 questions. The population of this study are all students of grade IV and V at State Elementary School Sambiroto 2 Kalasan district Sleman regency which a total of 62 students. Data analyzing technique used was using quantitative descriptive technique. The results showed that the knowledge level of environmental cleanliness of the school on the fourth and fifth grade students at State Elementary School Sambiroto 2 Kalasan district Sleman regency were dominantly very high. As many as or 22 students of grade IV (85% -100%) and 25 of grade V (85% -100%) students have very high knowledge, 7 students of grade IV (70% -84%) and or 8 students of grade V (70% -84%) has a high knowledge. Keywords: level of knowledge, cleanliness of school environment.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.