KONTRIBUSI FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN MATERI PERMAINAN SEPAKBOLA SISWA IPA KELAS XI SMA N 1 SEWON TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Abstrak Melalui pembelajaran yang relatif sama, nilai materi permainan sepakbola siswa kelas XI IPA lebih rendah dibandingkan dengan siswa kelas XI IPS. Nilai rata-rata kelas XI IPA paling tinggi 82,86 sedangkan kelas XI IPS nilai rata-ratanya 83,44 ke atas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kontribusi faktor-faktor pendukung pembelajaran permainan sepakbola siswa IPA kelas XI SMA N 1 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei dan instrumen penelitian menggunakan angket. Subjek uji coba instrumen dipilih melalui teknik accidental sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sewon yang berjumlah 88 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi faktor-faktor pendukung pembelajaran permainan sepakbola siswa IPA kelas XI SMA N 1 Sewon adalah 62,04% faktor eksternal dan 37,96% faktor internal. Faktor internal pada kelelahan 12,70%, jasmani 21,60%, dan psikologis 65,70%. Sedangkan faktor eksternal pada masyarakat 18,95%, keluarga 23,53% dan sekolah 67,52%. Kata kunci : Faktor Pendukung Pembelajaran, Materi Permainan Sepakbola Abstract By using the relative same of learning, the football learning value of science students eleventh grade is lower than social students eleventh grade. The higher average value science students is 82,86 while the average value social students is over 83,44. This research aims to find out how much the supporting factors of football learning in eleventh grade science students of SMA N 1 Sewon. This research is a quantitative descriptive research using survey method and the research instrument using questionnaire. The instrument experiment subject is selected with accidental sampling technique. Research subject are 88 students eleventh grade science students in senior high school 1 Sewon. The analysis techniques in this research using quantitative descriptive percentage. The result showed that contribution supporting factors of football learning eleventh grade science students in SMA 1 Sewon is 62,04% external factor and 37,96 internal factor. The Internal factor on fatigue is 12,70%, physical 21,60%, and psychological 65,70%. While the external factor on mass is 18,95%, family 23,53%, and school 67,52%. Keywords : Learning support factors, football material
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.