PERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI MENGENAI EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMK NEGERI SE- KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Abstrak Evaluasi pembelajaran penjas harus selalu diperhatikan oleh guru penjas, karena dalam pembelajaran penjas evaluasi memiliki peran yang penting dalam sebuah keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat persepsi guru mengenai evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Subjek penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran pendidikan jasmani di SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul yang berjumlah guru 33 orang dari 13 sekolah. Instrumen yang digunakan berupa skala evaluasi pembelajaran dengan 36 butir pernyataan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian persepsi guru mengenai evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SMK Negeri se-Kabupaten Gunungkidul ini menunjukkan bahwa 6,06% masuk ke dalam kriteria sangat tinggi, 18% masuk kategori tinggi, 33,33% masuk ke dalam kriteia sedang, 39,39% dalam kriteria rendah dan, 3,03% dalam kriteria sangat rendah. Kata Kunci : persepsi guru pendidikan jasmani, evaluasi, pendidikan jasmani Abstrack PE teachers supposed to be paying attention on the importance of physical education evaluation, because the evaluation has a significant role on the success of the lesson. Therefore the aim of this research is to know PE teaches’ perception level on physical education evaluation in all Vocational High School in Gunungkidul regency. This research is a quantitative descriptive and used survey method. The subjects were 33 PE teachers from all Vocational High Schools in Gunungkidul regency. The instrument used is scale of learning evaluation tool with 36 statement points. The data was analyzed with descriptive analysis. The result of the research of PE teachers’ perception on physical education evaluation in all vocational high schools in Gunungkidul regency shows that there are 5 categories: very high, high, medium, low, very low. 6.06% belongs to the very high category, 18% belongs to the high category, 33.33% belongs to the medium category, 39.39% belongs to the low category, and the last 3.03%. Keywords: PE teacher’s perspective, evaluation, physical education.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.