PERSEPSI SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATA PELAJARAN PENJASORKES KELAS VII SMP NEGERI 2 WEDI KLATEN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Rivan Emas Mahardhika, , Indonesia

Abstract


Abstrak Di SMP Negeri 2 Wedi Klaten guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan telah menerapkan Kurikulum 2013, dan proses pembelajaran Penjasorkes sudah menggunakan pendekatan saintifik, saintifik sangat cocok untuk meningkatkan kemampuan anak. Beberapa kali pertemuan pembelajaran guru sudah melaksanakan pendekatan saintifik, banyak respon yang muncul dari anak mengenai pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan saintifik mata pelajaran Penjasorkes kelas VII SMP Negeri 2 Wedi Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei. Instrumen penelitian berupa angket dengan validitas 0,898 dan reliabilitas 0,925. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wedi Klaten sebanyak 70 anak. Berdasarkan jenis penelitiannya, penelitian ini deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui persepsi siswa terhadap pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan saintifik mata pelajaran penjasorkes kelas VII SMP Negeri 2 Wedi Klaten Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berkategori sangat baik dengan persentase 7,14%, kategori baik sebesar 22,85%, kategori cukup baik sebesar 37,14%, kategori kurang baik sebesar 27,14% dan kategori sangat kurang baik 5,71%. Hasil tersebut dapat disimpulkan persepsi siswa terhadap pembelajaran lompat jauh dengan pendekatan saintifik mata pelajaran penjasorkes kelas VII SMP Negeri 2 Wedi Klaten adalah cukup baik. Kata kunci : Persepsi, Pembelajaran Lompat Jauh, Pendekatan Saintifik, Mata Pelajaran Penjasorkes Abstract Physical education teachers of SMP Negeri 2 Wedi Klaten has been applied Curriculum 2013 and they used scientific approach in the teaching learning process. Scientific approach was appropriate enough to improve the students’ ability. In some meetings, this approach has been implemented by the teachers in their teaching learning, there were many students’ respons toward this approach. This study aims to know the students’ perceptions of the long jump learning with scientific approach subjects learning sport and health lessons seventh grade of SMP Negeri 2 Wedi Klaten in Academic Year 2016/2017. This research using descriptive research by survey method. The research instrument in of questionnaire and the result are validity 0,898 and reliability 0,925. The subject of research is student of seventh grade of SMP Negeri 2 Wedi Klaten are 70 students. The type of research is quantitative descriptive with percentage. Based on the results it can be known that the students’ perceptions of the long jump lessons with the scientific approach of seventh grade of SMP Negeri 2 Wedi Klaten in Academic Year 2016/2017 are very good category with the percentage of 7,14%, good category of 22,85%, quite good category of 37,14%, bad category of 27,14%, and very bad category of 5,71%. The result can be concluded the students’ perceptions of the long jump lessons with scientific approach of seventh grade students of SMP Negeri 2 Wedi Klaten is good enough. Keywords : Perceptions, Long Jump Lessons, Scientific Approach, Sport and Health Lessons

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.