TINGKAT PEMAHAMAN SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMP NEGERI SE-KECAMATAN PANDAK KABUPETEN BANTUL TERHADAP PERATURAN PERMAINAN BOLA VOLI
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa ekstrakurikuler bola voli terhadap peraturan permainan bola voli di SMP Negeri se-kecamatan Pandak terhadap peraturan permainan bola voli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dan teknik pengumpulan data menggunakan angket atau (kuesioner). Instrumen yang telah tersusun tersebut dikonsultasikan kepada dosen ahli, selanjutnya di uji validitas menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Subjek penelitian ini sejumlah 87 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pemahaman siswa peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri se-Kecamatan Pandak Kabupaten Bantul terhadap peraturan permainan bola voli masuk dalam kategori sedang. Hal tersebut ditunjukkan pada jumlah responden yang menjawab paling banyak masuk dalam kategori sedang yaitu sebanyak 50 siswa (57.47%). Kemudian jumlah siswa yang menjawab dalam kategori tinggi sebanyak 33 siswa (37.93%). Selanjutnya jumlah siswa yang menjawab dalam kategori sangat tinggi sebanyak 3 siswa (3.45%). Sedangkan jumlah siswa yang menjawab dalam kategori rendah sebanyak 1 siswa (1.15%) dan tidak ada siswa (0,00%) yang menjawab dalam kategori sangat rendah. Kata kunci: tingkat pemahaman, peraturan permainan bola voli, SMP Negeri se kecamatan Pandak. Abstract This study was aimed at finding out the level of understanding of students extracurricular voleyball participants in SMP Negeri se-kecamatan Pandak kabupeten Bantul to the regulation of volleyball game. This study uses the descriptive research method with quantitative approach. Research method used is survey and data collection technique using questionnaire. The instruments that have been arranged are consulted to the lecturers of experts then in the validity test using the Product Moment formula from Pearson and the reliability was assessed using the Alpha Cronbach formula. The subject of this study were 87 students. Data were analyzed by using descriptive statistics with percentage. The result of the study indicate that level of understanding of students extracurricular voleyball participants in SMP Negeri se-kecamatan Pandak kabupeten Bantul to the regulation of volleyball game included in the medium category. This is indicated in the number of students answered the most included in the medium category as many as 50 students (57.47%) of the total number of respondents is 87 students. Then students who answered in the high category as many as 33 students (37.93%) and students who answered in the very high category as many as 3 students (3.45%). While students who answered in the low category as many as 1 students (1.15%) and none of the students (0.00%) answered in the very low category. Keyword: Level of Understanding, Regulation of Volleyball Game, SMP Negeri se-kecamatan Pandak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.