PENGEMBANGAN RPP MENGGUNAKAN METODE STAD PADA PEMBELAJARAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI KELAS VII

Muhammad Akmal l Zain, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran passing bawah dalam permainan bola voli selama ini masih berpusat pada guru sehingga butuh pendekatan yang lebih berpusat pada pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan RPP menggunakan metode STAD pada pembelajaran passing bawah dalam permainan bola voli kelas VII MTS N 6 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Brog & Gall Langkah-langkah penelitian pengembangan yang dipakai adalah sebagai berikut: (1) mengidentifikasikan potensi dan masalah, (2) mengumpulkan data, (3) mendesain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, (7) revisi produk, (8) ujicoba pemakaian, pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap delapan, yaitu uji coba pemakaian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTS N 6 Sleman. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli kurikulum dan ahli materi. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dalam bentuk presentase dan dimasukan kedalam kategori penilaian Sugiyono untuk memperoleh kategori dari produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini diperoleh RPP menggunakan metode STAD pada Pembelajaran Passing bawah dalam Permainan Bola Voli kelas VII MTS N 6 Sleman. Presentasi penilaian dari ahli kurikulum sebesar 77.42% (baik), ahli materi 1 sebesar 79.77% (baik), dan ahli materi 2/ tanggapan Guru sebesar 81,11% (sangat baik), hasil penelitian model RPP menggunakan metode STAD pada Pembelajaran Passing bawah dalam Permainan Bola Voli kelas VII MTS N 6 Sleman akhir didapat hasil 79.42% yaitu (baik). Kata Kunci: RPP, Pengembangan, STAD, Bola Voli, PJOK, MTS N 6 Sleman ABSTRACT This study is motivated by the teacher-centered approach in volleyball forearm passing teaching that needs more student-centered teaching approach. This study is armed to develop lesson plan using STAD method in volleyball forearm passing for seventh grader. This study categorized as Research and Development Research (R&D) that use Brog & Gall model. The stages of the study are (1) identifying potention and problem, (2) collecting data, (3) design produxt, (4) validating product, (5) revising design, (6) testing product, (7) revising product, (8) aplicating. This study is conducted only in eight stages until aplication stage. The subject of this study is seventh grader of MTS N 6 Sleman. The data collected by quetionnaire. The product is validated by curriculum expert and material expert. The collected data is analyxed by descriptive quantitative technique in the form of precentage and catagorized in Sugiyono assement category to obtainthe category of the develop product. The result of this research is lesson plan using STAD method in volleyball forearm passing for seventh grader. The validation result in the form of precentage are 77.42% (good) from curriculum expert, 79. 77% (good) from material expert 1, 81.11% (very good) from material expert 2/teacher. Overall, the final result of the development of lesson plan using STAD method in volleyball forearm passing for seventh grader is 79.42% (good). Keyword : Lesson Plan, Development, STAD, Volleyball, PJOK, Seventh Grader.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.