PEMBINAAN PRESTASI OLAHRAGA BOLA BASKET PADA KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK SLEMAN
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kurangnya komunikasi antara pengurus, pelatih dan atlet sehingga menyebabkan prestasi yang diraih oleh atlet bola basket SMA N 2 Ngaglik kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan prestasi cabang olahraga bola basket di SMA Negeri 2 Ngaglik berdasarkan faktor internal dan eksternal. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembinaan prestasi cabang olahraga bola basket di SMA Negeri 2 Ngaglik berdasarkan faktor internal dan eksternal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode gabungan secara kuantitatif dan kualitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket dan wawancara. subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah 22 responden terdiri dari 6 pengurus pembinaan prestasi olahraga dan 16 atlet basket SMA Negeri 2 Ngaglik. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: Pembinaan prestasi olahraga bola basket pada KKO di SMA N 2 Ngaglik berada dalam kategori ‟‟sedang‟‟. Pembinaan prestasi berdasarkan sudut pandang pengurus dan pelatih dalam kategori sedang sebesar 50%, kurang 33,33%, baik 16,67%. Faktor internal berdasarkan pengurus dan pelatih berada dalam kategori sedang sebesar 50%, sangat kurang 16,66%, kurang 16,66%, baik 16,66%. Faktor eksternal berdasarkan sudut pangdang pengurus dan pelatih berada dalam kategori sedang sebesar 33,33%, kurang 33,33 %, baik 33,33%. Berdasarkan sudut pandang atlet data pembinaan prestasi dalam katagori sedang sebesar 37,50%, kurang 31,25%, baik 25%, sangat baik 6,25%. Berdasarkan faktor internal dari sudut pandang atlet berada dalam kategori sedang sebesar 43,75%, baik 31,25%, kurang 18,75%, dan sangat kurang 6,25%. Faktor eksternal berdasarkan sudut pandang atlet berada dalam kategori sedang sebesar 31,25%, baik 31,25%, kurang 25%, sangat kurang 6,26%, dan sangat baik 6,25%. Kata kunci: Pembinaan prestasi, Bola Basket, SMA Negeri 2 Ngaglik Abstract This research is motivated by the lack of coordination in the stewardship of sport class and the less attention to the basketball athetes in SMA Negeri 2 Ngaglik. The aim of this study is to determine the best achievement coaching of basketball sport in the state senior high school of 2 Ngaglik based on the internal and external factors. This research is a descriptive research with combined method between quantitative and qualitative research. The used method is a survey with data collection techniques using questionnaires and interviews. Research subjects that used in this study are 22 respondents consisted 6 sport performance managers and 16 basketball athletes in SMA Negeri 2 Ngaglik. Based on the result of the research, it can be concluded that: The achievement coaching of basketball sport in the Special Sport Class (kelas khusus olahraga in bahasa indonesia abbreviated as KKO) in the state senior high school of 2 Ngaglik is in the ''moderate'' category. In the perspective of the managers and the trainers, the achievement coaching data is in the medium category of 50%, less 33.33%, good 16.67%. Internal factors based on the managers and trainers are in the medium category of 50%, very less 16.66%, less 16.66%, good 16.66%. External factors based on the managert and trainer point of view are in the medium category of 33.33%, less 33.33%, good 33.33%. From the point of view of the athlete, the achievement coaching data is in moderate category of 37.50%, less 31.25%, good 25%, very good 6.25%. Based on internal factors from the standpoint of athletes, they are in the medium category of 43.75%, good 31.25%, less 18.75%, and very less 6.25%. External factors based on the athlete's point of view are in the medium category of 31.25%, either 31.25%, less 25%, very less 6.26%, and very good 6.25%. Keywords: achievement coaching, Basketball, the state senior high school of 2 Ngaglik
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.