FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PENJASORKES DI SMP NEGERI 2 TEMPEL TAHUN AJARAN 2015/2016

Muhammad Oryza Sativo, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes di SMPN 2 Tempel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung pembelajaran Penjasorkes pada kelas VII di SMPN 2 Tempel. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Tempel tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 160 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang dilakukan adalah menuangkan frekuensi ke dalam bentuk persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendukung pembelajaran Penjasorkes pada kelas VII di SMPN 2 Tempel adalah tinggi dengan pertimbangan frekuensi terbanyak berapa pada kategori tinggi dengan 89 orang atau 57,05%. Faktor instrinsik mempengaruhi sebesar 58,32% dan factor ekstrinsik mempengaruhi sebesar 41,68%. Sedangkan indicator – indicator yaitu jasmani mepengaruhi sebesar 21,82%, psikologi mempengaruhi sebesar 20,34%, kelelahan sebesar 16,16%, keluarga mempengaruhi sebesar 19,73% dan sekolah mempengaruhi sebesar 21,95%. Kata Kunci : pembelajaran, penjasorkes Abstract The research is motivated by the lack of active students in participating Penjasorkes learning in SMP N 2 (State Junior High School) Tempel. This research intends to figure out the supporting factors on Penjasorkes learning in the Seventh grade of SMP N 2 Tempel. The research was a descriptive quantitative. The method used was by survey method. The research subjects were all seventh grade students of SMPN 2 Tempel academic year 2015/2016 totalling 160 students. The instrument used was by questionnaire. The analysis technique performed was by presenting frequencies into percentage form. The research result indicate that supporting factors on Penjasorkes learning in seventh grade of SMPN 2 Tempel is high with the most frequent consideration in the high category with 89 students or 57.05%. To sum up the contribution is: physical factor 21.82%, psychological factor 20.34%, fatigue factor 16.16%, family factor 19.73%, and school factor 21.95%. The factors that support the Penjasorkes learning in seventh grade of SMPN 2 Tempel in very high category are 66 students or 42.31%, in high category are 89 students or 57.05%, in low category is 1 student or 0.64%, in very low category is 0 student or 0 %. While the physical factor that supports Penjasorkes learning is very high, the psychological factor that supports Penjasorkes learning is high, the fatigue factor that supports Penjasorkes learning is high, the family factor that supports Penjasorkes learning is very high, the school factor that supports Penjasorkes learning is high, Keywords: learning, Penjasorkes

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.