TINGKAT PEMAHAMAN TENTANG TEKNIK DAN TAKTIK DALAM BERMAIN BOLA VOLI SISWA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI SMA NEGERI 2 PLAYEN
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penerapan teknik dan taktik bola voli dalam suatu permainan dan belum diketahuinya tingkat pemahaman siswa ekstrakurikuler bola voli tentang teknik dan taktik di SMA Negeri 2 Playen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman tentang teknik dan taktik permainan bola voli siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 2 Playen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 2 Playen yang berjumlah 25 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman tentang teknik dan taktik permainan bola voli siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 2 Playen berada pada kategori “kurang baik” sebesar 8,00% (2 siswa), “cukup baik” sebesar 40,00% (10 siswa), “baik” sebesar 52,00% (13 siswa). Berdasarkan data tersebut sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat pemahaman tentang teknik dan taktik permainan bola voli siswa ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 2 Playen masuk dalam kategori cukup baik. Kata kunci: pemahaman, teknik , taktik, bola voli, siswa ekstrakurikuler Abstract The background of this research was because of the low application of volley ball techniques and tactics in a game and the unknown comprehension level of students in volley ball extracurricular of SMA Negeri 2 Playen about volley ball techniques and tactics. This research is aimed to find out the comprehension level of volley ball techniques and tactics on students in volley ball extracurricular of SMA Negeri 2 Playen. This research was a descriptive-quantitative research. The method used was survey with questionnaire as the technique. The subjects in this research were all students of volley ball extracurricular in SMA Negeri 2 Playen in which the total numbers of students were 25. The technique of data analysis used descriptive-quantitative analysis which presented into percentage. The results of the research showed that the students’ comprehension level of volley ball techniques and tactics was in the category of “poor” with the percentage of 8% (2 students), “fair” with the percentage of 40% (10 students), and “good” with the percentage of 52% (13 students). According to the data, it can be concluded that the comprehension level of volley ball techniques and tactics on students in volley ball extracurricular of SMA Negeri 2 Playen was in the category of fair. Keywords: comprehension, techniques, tactics, volley ball, students in extracurricular
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.