REFLEKSI RESPON GURU TERHADAP PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI 1 NGAGLIK

Erlan Dwi Rusianto, , Indonesia

Abstract


Abstrak Penerapan Kurikulum 2013 pada pembelajaran PJOK menyebabkan banyaknya perubahan yang dirasakan oleh guru PJOK seperti dalam administrasi guru, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, model pembelajaran, dan penilaian hasil belajar sehingga menyebabkan berbagai respon dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru PJOK di SMP Negeri 1 Ngaglik terhadap penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan desain kualitatif. dengan pendekatan penelitian studi kasus. Subjek penelitian guru PJOK yang sudah menerapkan Kurikulum 2013. Objek penelitian ini adalah respon guru penjasorkes SMP Negeri 1 Ngaglik terhadap penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran PJOK. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji kreadibilitas data dilakukan dengan teknik tringulasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan respon guru PJOK SMP Negeri 1 Ngaglik terhadap penerapan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran PJOK menunjukkan respon yang positif meskipun dalam penerapannya belum berjalan dengan baik. Kata Kunci: Respon, guru PJOK, Kurikulum 2013. Abstract The implementation of the Kurikulum 2013 in physical education make many changes who felt by teacher such as administration teacher, lesson plan, application of learning, teaching method, and learning assessmet what be reason the existence of various responses from teacher. The purpose of this research is to know physical education teacher of junior high school 1 Ngaglik responses about implementation Kurikulum 2013 in physical education. This research used qualitative design. This research used case study research approach. The subject of this research is physical education teacher who have implemented the Kurikulum 2013. The object of this research is physical education teacher of Junior High School 1 Ngaglik response about implementation of the Kurikulum 2013. Data accumulation techniques used observation, interviews and documentation. The validity of test data is done by tringulation techniques, data analysis techniques used descriptive analysis techniques include data reduction, display of data, and conclusion. The results of this research indicate physical education teacher of Junior High School 1 Ngaglik response about the application of Kurikulum 2013 in physical education lesson is positive response even though the application is not running well. Keyword: Response, Physical education teacher, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.