PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan banyaknya guru PJOK yang belum mengimplementasikan metode pembelajaran Kurikulum 2013 dengan pendekatan Saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengghasilkan model Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan dengan Pendekatan Saintifik bagi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi guru. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan 10 langkah model pengembangan Borg & Gall, namun pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap kelima, yaitu Revisi Desain. Validasi dilakukan oleh ahli kurikulum dan ahli materi. RPP yang dikembangkan dan diujicobakan kepada 10 guru SMP di Kabupaten Bantul. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif terhadap hasil skor validasi. Penelitian ini menghasilkan model RPP PJOK dengan Pendekatan Saintifik bagi siswa SMP. Dengan presentasi penilaian dari 2 ahli kurikulum sebesar 79%, ahli materi sebesar 80%, dan uji coba guru sebesar 78,6% , hasil penelitian model RPP PJOK dengan Pendekatan Saintifik bagi siswa SMP di produk akhir didapat hasil 79,2%. Kata Kunci: RPP, Pengembangan, Saintifik, PJOK, SMP Abstract The research is based on the problem of implementation of the Curriculum 2013 with Scientific approach. The problem is a lot of PJOK teachers did not implement the Curriculum 2013 yet. The research is aim to produce lesson plan model of pysical education and spirit with scientific approach for junior high shool. That is able to be used by teacher for studying. The research is research and development (R n D). The research using 10 steps of the Brog and Gall model. However, the research is done only until step 5th, wich is design revisions. The validation is belonging to the curriculum and material of expert capacity. The lesson plan is tested to 10 teachers of junior high school in Bantul. Then the lesson plan will be developed after tested. The analyze technique is quantity describe analyzing. The analized is validation score. The research produce lesson plan model (RPP) of pysical education an sport with Scientific approach. The lesson plan implement to junior high school student. The assigment from 2 curriculum experts is 79%, the material expert is 81% , the teacher testing is 78,6%. The final result of the RPP PJOK scientific approach model is 79,2%. Keyword: RPP Development, Scientific, PJOK, Junior High School
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.