PENGEMBANGAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DENGAN KOOPERATIF LEARNING PENDEKATAN JIGSAW BAGI SISWA SMP
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan variasi model pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Penjasorkes. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada mata pelajaran penjasorkes dengan Cooperative Learning pendekatan Jigsaw yang dapat digunakan sebagai sumber belajar bagi guru di SMP. Desain penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan yang mengacu pada pendapat yang disampaikan oleh Borg and Gall (1983). Subjek pengembangan dalam penelitian ini adalah materi pembelajaran penjasorkes untuk siswa SMP dengan materi permainan bola besar. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar penilaian yang diberikan kepada ahli kurikulum dan ahli materi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif dari hasil saran dan masukan ahli. Hasil penelitian ini adalah produk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan Cooperative Learning pendekatan Jigsaw, untuk pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Hasil validasi menurut ahli kurikulum adalah sangat baik dengan skor 89,75% dan ahli materi adalah sangat baik dengan skor 82,5%. Tanggapan guru melalui validasi angket adalah baik dengan skor 77,60%. Kata kunci: Pengembangan, Pembelajaran Penjasorkes , Kurikulum 2013 Abstract This research is motivated by the need of enhancement of varied development of Lesson Plan of Physical Education. This research is aimed to produce Lesson Plan of Physical Education using Jigsaw method of Cooperative Learning approach which could be implemented as learning resources for Junior High School teachers. This research’s design is a research and development which refers to the theory of Borg and Gall (1983). The subject of development of this research is learning material of Physical Education for Junior High School students which focuses on great ball games. The instrument of data collection uses rubrics for assessment given to the curriculum experts and subject masters. Data analysis technique uses both descriptive quantitative and descriptive qualitative based on the result of the input and suggestion from the experts. The result of this research is in the form of Lesson Plan using Jigsaw method of Cooperative Learning approach, especially for physical education pedagogy. According to the curriculum experts, the validity result is very good with 89,75% in percentage, based on the subject masters, it is very good with 82,5%, and from the validity questionnaire, teacher judgement shows it is good at 77,60%. Key words: Development, Physical education pedagogy, Curriculum of 2013
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.