FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PERMAINAN SOFTBALL DI SMA NEGERI SE-PROVINSI D.I. YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar faktor pendukung pembelajaran permainan softball di SMA Negeri se-Provinsi D.I.Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei menggunakan instrumen penelitian berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri yang telah memberikan pembelajaran permainan softball se-Provinsi D.I.Yogyakarta. Sampel yang digunakan adalah 19 SMA Negeri yang berasal dari 5 Kabupaten/Kota di Provinsi D.I.Yogyakarta dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Perhitungan validitas menggunakan rumus Pearson Product Moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif secara kuantitatif dengan persentase yang dibagi dalam lima kategori yaitu sangat mendukung, mendukung, cukup mendukung, kurang mendukung dan tidak mendukung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: faktor pendukung pembelajaran permainan softball di SMA Negeri se-Provinsi D.I.Yogyakarta secara keseluruhan berada dalam kategori sangat mendukung berjumlah 6 (31,58%) sekolah, pada kategori mendukung berjumlah 7 (36,84%) sekolah, pada kategori cukup mendukung berjumlah 5 (26%) sekolah, pada kategori kurang mendukung berjumlah 1 (5%) sekolah, dan pada kategori tidak mendukung tidak ada (0,00%). Kata kunci: faktor pendukung, pembelajaran, softball Abstract The purpose of this research is to find out how much the supporting factor of softball game learning for Senior High School in Yogyakarta. This research is a quantitative descriptive research using survey method and the research instrument is questionnaire. The population in this research is all State Senior High School that provide softball game learning in Yogyakarta. The sample are 19 State Senior High School from 5 cities in Yogyakarta using purposive sampling technique. Calculation of validity using Pearson Product Moment formula and reliability using Alpha Cronbach formula. Technique of data analysis in this research using quantitative descriptive statistical analysis technique with percentage divided into five categories that is very supportive, supportive, enough supportive, less supportive and not supportive. The result of this research concludes that: the supporting factor of softball game learning for Senior High School in Yogyakarta as a whole is in the category of very supportive amounted to 6 schools (31.58%), in the supporting category amounted to 7 schools (36,84%), in the enough supporting category amounted to 5 schools (26%), in the less supportive category amounted to 1 schools (5%), and in the not supportive category is nothing. Keywords: supporting factors, learning, softball
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.