PERAN GURU PENJAS DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK SMP NEGERI SE-KABUPATEN KLATEN
Abstract
Abstrak Penelitian ini di latarbelakangi oleh banyaknya perilaku yang tidak sesuai dengan nilai karakter di kalangan pelajar di wilayah kabupaten Klaten. Perilaku tersebut seperti mencuri, membolos, minum-minuman keras, merokok, pemerkosaan, tindak kriminal, dan berbicara kasar kepada orang yang lebih tua. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei, teknik pengambilan datanya dengan menggunakan angket. Subjek penelitian ini berjumlah 30 guru penjas. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dengan persentase. Uji Validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product Moment dengan hasil butir soal yang valid berjumlah 37 butir dari 45 pertanyaan. Hasil penelitian memiliki persentase dari masing-masing kategori, yaitu kategori sangat tinggi sebesar 6,66% atau sebanyak 2 responden, kategori tinggi sebesar 30% atau sebanyak 9 responden, kategori sedang sebesar 30% atau sebanyak 9 responden, kategori rendah sebesar 26,66% atau sebanyak 8 responden dan kategori sangat rendah sebesar 6,66% atau sebanyak 2 responden. Kata kunci: peran, guru penjas, pendidikan karakter Abstract The background of this research is that there are a number of behaviors that are not in accordance with character value among students in Klaten regency. The behaviors include stealing, ditching, drinking, smoking, raping, doing criminal acts, and talking harshly to elders. This research was a descriptive research with a survey method. The data collection technique used in this research was a questionnaire. 30 physical education teachers were selected as the subject of this research. The collected data were analyzed using a descriptive statistic technique with percentage. The instrument validity test used in this research was Pearson Product Moment with 37 valid questions out of 45 questions. The results show that there are 2 (6.66%) respondents who are in the very high category, 9 (30%) respondents who are in the high category, 9 (30%) respondents who are in the medium category, 8 (26.66%) respondents who are in the low category, and 2 (6.66%) respondents who are in the very low category. Keywords: roles, Physical Education teachers, character building
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.