TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA N 1 JETIS BANTUL
Abstract
Abstrak Penelitian ini disusun berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Latar belakang dari penelitian ini adalah karena peneliti melihat banyaknya siswa yang kurang serius dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, kurang termotivasi untuk mengikuti ekstrakurikuler, kurang kerjasama antar anggota tim serta kurangnya rasa tanggung jawab ketika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMA Negeri 1 Jetis Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket kecerdasan emosional. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 105 peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga antara lain bolabasket, bola voli, dan futsal. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah dengan mengambil data dari seluruh populasi peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga sejumlah 105 peserta didik. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,839. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMA N 1 Jetis Bantul.Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga di SMA N 1 Jetis Bantul berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 3 peserta didik atau 2,3% , 24 peserta didik atau 23,3% memiliki kecerdasan emosional tinggi, 52 peserta didik atau 49,5% memiliki kecerdasan emosional sedang, 20 peserta didik atau 19,1% memiliki kecerdasan emosional rendah, sedangkan 6 peserta didik atau 5,8% kecerdasan emosional sangat rendah. Kata kunci: SMA N 1 Jetis, kecerdasan emosional, ekstrakurikuler. Abstract This study is based on research where conducted at1 Jetis Bantul Senior High. The background of this study is that the writer looked at the number of students who are less serious in following extracurricular activities, less motivated to participate in extracurricular activities, less cooperation among team members as well as the lack of a sense of responsibility when they are following extracurricular activity. The aim of this study is to determine the level of emotional intelligence of students who follow extracurricular sports at 1 Jetis Bantul Senior High School. This research is descriptive quantitative, data collection techniques using emotional intelligence questionnaire. The population in this study consisted of 105 students who follow extracurricular sports include basketball, volleyball and futsal. Data collection technique in this research is take data from the entire population of students who follow the sport extracurricular consist of 105 students. Experiment instrument reliability using Cronbach Alpha formula and obtain the reliability coefficient of 0,839. Analysis technique using descriptive analysis set forth in the form of a percentage level of intelligence emotional learners who follow the sport extracurricular at 1 Jetis Bantul Senior High School. Based on the data analysis concluded that the level of emotional intelligence of students who follow the sport extracurricular at 1 Jetis Bantul Senior High School are at very high category as much as 3 or 2.3% of students, 24 students or 23.3% have a high emotional intelligence, 52 students or 49.5% have a moderate emotional intelligence, 20 students or 19.1% have low emotional intelligence, while 6 students, or 5.8% of emotional intelligence is very low. Keywords: 1 Jetis Bantul Senior High school, emotional intelligence, extracurricular.
Refbacks
- There are currently no refbacks.