IDENTIFIKASI GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN SMP NEGERI SE-KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak Penggunaan gaya mengajar oleh beberapa guru pendidikan jasmani olahraga kesehatan Sekolah Menengah Pertama Negeri di kota Yogyakarta yang belum sepenuhnya menggunakan variasi gaya mengajar sehingga beberapa siswa merasa jenuh dengan pembelajaran yang ada merupakan latar belakang penelitian ini. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui presentase penggunaan gaya mengajar guru penjas SMP Negeri se-Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi penelitian ini melibatkan 26 guru pendidikan jasmani SMPN se-Kota Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian deskriptif ini berupa data persentase yang menunjukkan penggunaan gaya mengajar yang digunakan oleh guru pendidikan jasmani SMPN se-Kota Yogyakarta. Hasil yang diperoleh pada setiap gaya mengajar adalah 96.30% guru menggunakan gaya komando, 84.61% guru menggunakan gaya latihan, 53.84% guru menggunakan gaya resiprokal, 50.00% guru menggunakan gaya periksa diri, 53.84% guru menggunakan gaya inklusi, 50.00% guru menggunakan gaya penemuan terpimpin, 38.46% guru menggunakan gaya divergen, 34.61% guru menggunakan gaya konvergen. Kata kunci: identifikasi, gaya mengajar, guru penjas. Abstract The teaching styles of several Public Junior High Schools health exercise physical education teachers in Yogyakarta City weren’t varied, so some students were bored with the current lessons. The purpose of this study was to determine the percentage of the teaching styles of Public Junior High School physical education teachers of Yogyakarta City. This study is a descriptive study with survey method. The research population was 26 Public Junior High School physical education teachers across Yogyakarta City. The instrument was questionnaire. The result of the descriptive study was percentage showing the teaching styles of Public Junior High School physical education teachers across Yogyakarta City. The result was 96.30% teachers used command style, 84.61% teachers used training style, 53.84% teachers used reciprocal style, 50.00% teachers used reflective style, 53.84% teachers used inclusion style, 50.00% teachers used guided discovery style, 38.46% teachers used divergent style, 34.61% teachers used convergent style. Keywords: identification, teaching style, physical education teacher.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.