IDENTIFIKASI MODEL PENILAIAN PEMBELAJARAN PJOK DI SMA/SMK SEKOLAH MITRA UNY DI DIY
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya guru dalam merancang variasi pemilihan teknik penilaian pembelajaran dalam RPP khususnya pada ketiga ranah yaitu afektif, kognitif, psikomotor. Selain itu dari pengamatan peneliti dari sebagian SMA/SMK mitra UNY, pemilihan jenis teknik penilaian dalam Permendikbud No 104 diseleksi oleh guru sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada pertemuan tersebut. Berdasarkan permasalahan tersebut maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana model penilaian dan kecenderungan teknik penilaian yang diterapkan sesuai dengan anjuran yang sudah disahkan oleh pemerintah di sekolah yang diajar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru PJOK di SMA/SMK mitra UNY. Sampel penelitian menggunakan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan yaitu lembar dokumentasi yang telah divalidasi oleh 2 expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis dokumen yang kemudian dipersentasekan secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) variasi dalam pemilihan model penilaian yang dilakukan oleh pendidik di dalam RPP yang dirancangnya. Hal ini ditunjukkan dengan hasil psikomotor sebanyak 41,7%, hasil afektif sebanyak 33,3%, dan hasil kognitif sebanyak 25%. 2) pendidik dalam melakukan pemilihan teknik penilaian memiliki kecenderungan memunculkan 9 teknik penilaian yaitu observasi dan unjuk kerja sebanyak 19,8%, tes tertulis sebesar 18%, tes lisan sebesar 16,2%, produk sebesar 15,3% , penugasan sebesar 5,4%, portofolio sebesar 3,7%, penilaian antar siswa dan projek sebesar 0,9%. Kata kunci: penilaian, pembelajaran, PJOK Abstract This research background is that the teachers are less in planning the variation of learning assessment technique in RPP (learning plan) particularly on the three domains, namely affective, cognitive, psychomotor. In addition, from the observations of the researcher, some of SMA/ SMK (High School and Vocational High School) UNY partners, the choice of assessment technique in Permendikbud No. 104 is selected by the teacher according to the material and learning objectives to be achieved at the meeting. Based on these problems then, this research intends to identify and analyze how the assessment model and the tendency of the assessment technique is applied in accordance with the advice that has been authorized by the government that is taught in schools.This research was descriptive research. The population in this research was that PJOK (physical education, sport, and health) teachers at SMA/ SMK of UNY partners. The research sample used saturated sample. The instruments used were pieces of documentation that had been validated by two expert judgment. The data analysis technique performed was the document analysis and then presented in percentage quantitatively.The research results show that 1) the variation on the selection of assessment models is done by the teachers in the RPP designed. This is indicated by the psychomotor result 41.7%, affective result 33.3%, and cognitive result 25%. 2) the teachers in selecting the assessment technique have tendency to bring out 9 assessment techniques ;they are observation and performance 19.8%, written test 18%, oral test 16.2%, product test 15.3%, assignment 5, 4%, portfolio amounted to 3.7%, inter- students and project assessment 0.9%. Keywords: assessment, learning, PJOK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.