PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP PENINGKATAN PASSING BAWAH BOLAVOLI PESERTA EKSTRAKURIKULER DI SMP NEGERI 3 GODEAN

Rahmat Maulana, , Indonesia

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya variasi latihan dalam mengajarkan teknik passing bawah yang masih belum benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan menggunakan pendekatan bermain terhadap peningkatan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 3 Godean. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment design atau eksperimen semu, dengan one group pretest and posttest design. Populasi dan sempel adalah seluruh peserta ekstrakurikuler bolavoli SMP Negeri 3 Godean yang berjumlah 15 peserta. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan passing bawah Depdiknas Usia 13-15 tahun (1999:7) dengan tingkat validitas 0,733 dan reliabilitas 0,758. teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji t (paired sampel t test). Hasilanalisis data menunjukanadanyapengaruhantaralatihanmenggunakanpendekatanbermainterhadappeningkatanpassingbawahpesertaekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 3 Godean. Hasiluji-t diperolehnilaithitung(5.429)> t(0,05)(19))(2.145) dan P (0,000) < α (0,05), maka terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat kemampuan passing bawah bola voli. Prosentase peningkatan tersebut sebesar 22,55%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pendekatan bermin terhadap peningkatan passing bawah peserta ekstrakurikuler bola voli SMP Negeri 3 Godean. Kata Kunci :pendekatan bermain, passing bawah, bola voli Abstract This research based on there is no various exercises yet in teaching under passing technique which is still incorrect. The purpose of this research is to know the effect of use approach playing toward increasing under passing volley ball extracurricular’s participant in State Junior High School 3 Godean. The method of this research is quasi experiment design method or appearance experiment, with one group pretest and posttest design. The population and sample is all of the participant of volley ball extracurricular that consist of 15 participants. Instrument that used is under passing skill test Ministry of Education for 13-14 years old (1999:7) with validity level 0,733 and reliability 0,75, data analysis technique in this research used t test (paired sample t test). The result of the data analysis show there are effect between exercise use approach playing toward increasing under passing volley ball extracurricular’s participant in State Junior High School 3 Godean. The result of t test obtained value (5.429)> t(0,05)(19))(2.145) and P (0,000) < ɑ (0,05), so there is a significant difference in capability skill level of under passing volley ball, the increasing of percentage is 22,55%. There for it able to conclude that there are effect of approach playing toward increasing under passing volley ball extracurricular’s participant in State Junior High School 3 Godean. Keywords: approach playing, under passing, volley ball.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.