IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMP N SE-KECAMATAN BANTUL

Nur Hidayati Ika Permatasari,

Abstract


Abstrak Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Implementasi Proses Pelaksanaan Pembelajaran Penjasorkes dengan Kurikulum 2013 di SMP N se-Kecamatan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitan deskriptif kuantitatif. Instrumen penelitian berupa angket yang di uji cobakan di SMP N 1 Sewon dengan hasil nilai validitas 0,858 (koefisien Korelasi Product Moment) dan nilai relibilitas 0,944 (Alpha Cronbach) Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP N se-Kecamatan Bantul sebanyak 683 siswa dan sampelnya 69 siswa di ambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan cara menyebar angket ke SMP N se-Kecamatan Bantul kemudian di analisis menggunakan statistik deskristif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Pembelajaran Penjasorkes Dengan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri Se- Kecamatan Bantul Tahun Ajaran 2016/2017 pada kategori baik sebesar 5,79%, kategori cukup 79,71% kategori kurang 14,49% dan pada kategori tidak baik 0%. Kesimpulan Implementasi Pembelajaran PJOK berdasarkan Kurikulum 2013 Di SMP Negeri Se-Kecamatan Bantul adalah cukup baik. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Penjasorkes , Kurikulum 2013 Abstract The Purpose of this study is to know for information on the implementation of the learning curriculum of 2013. The method used is descriptive quantitative research The research instrument in the form of a questionnaire tested in SMP N 1 Sewon with the results of the validity of 0.858 (Product Moment Correlation coefficient) and the reliability value of 0.944 (Cronbach Alpha). The population was students of class VII SMP N sub-district Bantul many as 683 students and the sample amounted to 69 students taken by simple random sampling technique. Data collection techniques by spreading questionnaire to SMP N sub-district of Bantul. Data were analyzed using statistical deskristif with percentages.The results of this study is in good categories amounting to 5.79%, the sufficient category amounted to 79.71% , 4.49% less category and the category is not good 0%. These results can be concluded Implementation of Learning Curriculum 2013 Physical Education in SMP N Sub-District of Bantul was pretty good. Keywords: Implementation, Physical educatin and health Learning, Curriculum 2013

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.