PENGARUH PERMAINAN LOMPAT KARDUS TERHADAP PENINGKATAN TINGGI LOMPATAN PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMA NEGERI 1 PANGGANG GUNUNGKIDUL TAHUN 2016
Abstract
Abstrak Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli kurang mendapat variasi latihan untuk meningkatkan kemampuan vertical jump. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lompat kardus terhadap peningkatan tinggi lompatan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Panggang Gunungkidul. Jenis penelitian ini pra eksperimental, dengan desain “one group pretest and posttest design”. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Panggang Gunungkidul yang berjumlah 23 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tinggi lompatan, yaitu vertical jump dengan satuan centimeter. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan lompat kardus terhadap peningkatan tinggi lompatan pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Panggang Gunungkidul dengan nilai t hitung 5,162 > t tabel (df 22;0,05) 2,07, dan kenaikan persentase sebesar 8,02%. Kata kunci: tinggi lompatan, permainan, lompat kardus Abstract Students who do extracurricular volleyball lack of exercise variations to improve vertical jump. This research to determine the effect of the game carboard jump to improved high jump participans in extracurricular volleyball in senior high school 1 Panggang Gunungkidul on 2016. The Study design used pre-experimental with one group pretest and posttest design. Subjects in this study were students who take extracurriculaar volleyball in senior high school 1 Panggang Gunungkidul total 23 students. instruments used to measure the height of the jump is vertical jump by centimeter. using data analysis techniques with test with a level of signifikan 15 %. The result show that of the game carboard jump to improved high jump participans in extracurricular volleyball in senior high school 1 Panggang Gunungkidul with value arithmetic t 5,162 > t table (df 22;0,05) 2,07, and the increase in the percentage of 8,02 %. Keywords: high jump, game, carboard jump.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.