PERSEPSI SISWA SMP MUHAMMADIYAH SANDEN TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI

Adek Ridwan Fauzi, , Indonesia

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya penerapan media gambar dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa SMP Muhammadiyah Sanden terhadap penggunaan media gambar dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Subyek penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah Sanden yang berjumlah 110 anak. Uji Reliabilitas Instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,927. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa SMP Muhammadiyah Sanden terhadap penggunaan media gambar dalam pembelajaran pendidikan jasmani. 6 siswa (5,45%) mempunyai persepsi sangat kurang positif, 29 siswa (26,36%) kurang positif, 34 siswa (30,91%) cukup positif, 38 siswa (34,55%) positif, dan 3 siswa (2,73%) sangat positif. Frekuensi terbanyak sebesar 34,55%, yaitu pada kategori positif. Dengan demikian persepsi siswa SMP Muhammadiyah Sanden terhadap penggunaan media gambar dalam pembelajaran pendidikan jasmani adalah positif. Kata Kunci : persepsi, media gambar. Abstract This research was motivated by less maximal application of image media in teaching physical education. This study aims to determine students' perceptions on the use of SMP Muhammadiyah Sanden image media in teaching physical education. This research is descriptive research with survey method and data capture technique using a questionnaire. The subjects of this study were students of SMP Muhammadiyah Sanden totaling 110 children. Test Reliability instrument using Cronbach alpha formula and obtain reliability coefficient of 0.927. Data were analyzed using descriptive analysis. The results showed that students' perceptions of the use of SMP Muhammadiyah Sanden image media in teaching physical education. 6 students (5.45%) have very less positive perception, 29 students (26.36%) a less positive, 34 students (30.91%) a fairly positive, 38 students (34.55%) the perception positive, and 3 students (2.73%) a very positive. The highest frequency of 34.55%, which is in the positive category. Thus Sanden SMP Muhammadiyah students' perceptions of the use of the image on media in teaching physical education is positive. Keywords: perception, image media. Key words : motivation, extracurricular, futsal

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.