TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BEREGU TAHUN 2016 DI SMP 2 NGEMPLAK KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak Peserta ekstrakurikuler masih menunjukkan kurangnya komunikasi antar anggota tim dan kurang bekerjasama dalam tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga beregu di SMP 2 Ngemplak Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler olahraga beregu SMP Negeri 2 Ngemplak adalah 124 peserta didik, karena keseluruhan populasi dijadikan sampel sehingga disebut penelitian populasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga beregu di SMP 2 Ngemplak Sleman berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 4,84% (6 peserta didik), kategori “kurang” sebesar 27,42% (34 peserta didik), kategori “sedang” sebesar 38,71% (48 peserta didik), kategori “baik” sebesar 20,97% (26 peserta didik), dan kategori “sangat baik” sebesar 8,06% (10 peserta didik). Kata kunci: tingkat kecerdasan emosional, ekstrakurikuler olahraga beregu Abstract The extracurricular participants still show the lack of communication among team members and have less teamwork. This study intends to determine the level of emotional intelligence of students who follow team sport extracurricular in SMP 2 Ngemplak Sleman. This research was descriptive research. The method used was by survey in which the data collection technique was by questionnaire. The subjects in this research were the participants of team sport extracurricular in SMP Negeri 2 Ngemplak consisting of 124 students, due to the overall population was as the samples, it was called as population research. The data analysis technique was performed by using descriptive quantitative analysis presented in percentage form. The results show that the level of emotional intelligence of students who follow the team sport extracurricular in SMP 2 Ngemplak Sleman are; in "very poor" category is 4.84% (6 students), "less" category is 27.42% (34 students ), "medium" category is 38.71% (48 students), "good" category is 20.97% (26 students), and the "very good" category is 8.06% (10 students). Keywords: emotional intelligence level, sport team extracurricular
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.