PERBEDAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANTARA SISWA KELAS VII DENGAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA
Abstract
Abstrak Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah adalah upaya untuk memberdayakan siswa, guru dan masyarakat lingkungan sekolah agar tahu, mau dan mampu mempraktikan PHBS dan berperan aktif dalam mewujudkan sekolah sehat. Peserta didik yang sehat merupakan siswa yang tumbuh dan berkembang dengan baik seperti jiwanya berkembang sesuai umur, emosi positif meliputi bahagia dan gembira, memperhatikan kebersihan, pola hidup yang teratur serta dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Antara siswa kelas VII dengan kelas VIII di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode komparatif. Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta yang berjumlah 128 siswa. Uji coba instrumen dilaksanakan kepada 31 siswa kelas VII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji prasyarat yang meliputi uji normalitas (0.200 > 0.05) dan uji homogenitas (0.191 > 0.05). Pengujian hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-test dengan tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan p < 0.05. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan yakni tidak terdapat perbedaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Antara siswa kelas VII dan kelas VIII di SMP Negeri 9 Yogyakarta, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi 0.838 yang berarti lebih besar dari 0.05 (0.838 > 0.05). Kata Kunci: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Abstract The clean and healthy lifestyles (PHBS) in schools is an attempt to empower students, teachers and community of school environment in order to understand, want , and be able to practice PHBS and have an active role in creating healthy schools. Healthy learners are students who grow and develop well as their soul develops by the age, positive emotions such as happiness and joy, considering hygiene, regular lifestyle, and can adapt to the surrounding environment. This research aims at figuring out the difference of clean and healthy lifestyles between seventh and eighth grade students in SMP Negeri 9 Yogyakarta. The research was quantitative research using the comparative method. The subjects in the research were seventh and eighth grade students of SMP Negeri 9 Yogyakarta of 128 students. The instrument trial was done to 31 students of seventh grade students in SMP Negeri 9 Yogyakarta. The data collection method used questionnaire. The data analysis technique used was the prerequisite test including normality test (0.200> 0.05) and homogeneity test (0191> 0.05). The hypothesis test was by using Independent Sample T-Test with significance level of analysis results determined P 0.05). Keywords: Clean and Healthy Lifestyles (PHBS)
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.