TINGKAT KESIAPAN UNTUK MENJADI GURU PROFESIONAL MAHASISWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI ANGKATAN TAHUN 2012 FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Amirudin Baktiar Yusup, , Indonesia

Abstract


Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki waktu yang terlalu singkat untuk mahasiswa PJKR FIK UNY tahun angkatan 2012 sebagai calon guru PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kesiapan untuk menjadi guru profesional PJOK mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta tahun angkatan 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survei. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa PJKR angkatan tahun 2012 dengan jumlah 276 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling insidental. Berdasarkan hal tersebut maka sampel yang digunakan berjumlah 90 mahasiswa. Instrumen yang digunakan untuk mengambil data data menggunakan kuisoner (angket). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik persentase. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tingkat kesiapan untuk menjadi guru professional mahasiswa PJKR tahun 2012 yang berkategori sangat baik 7 orang (11,66%), baik 13 orang (21,67%), cukup 22 orang (36,67%) kurang 17 orang (28,33%), dan sangat kurang 1 orang (1,67%). Dari hasil tersebut kesiapan menjadi guru profesional mahasiswa PJKR tahun 2012 tergolong berkategori cukup baik yaitu sebesar 22 orang atau 36,67%. Kata kunci: Guru Profesional, mahasiswa, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi THE LEVELS OF THE READINESS TO BE PROFESSIONAL TEACHERS AMONG STUDENTS OF PHYSICAL EDUCATION, HEALTH, AND RECREATION, FACULTY OF SPORTS SCIENCE, YOGYAKARTA STATE UNIVERSITY Abstract The teaching practicum is too short for the 2012 admission year students of Physical Education, Health, and Recreation (PEHR), Faculty of Sports Science (FSS), Yogyakarta State University (YSU), as Physical Education, Sports, and Health (PESH) teachers-to-be. This study aims to investigate the levels of the readiness to be professional teachers of PESH among the 2012 admission year students of PEHR, FSS, YSU. This was a quantitative descriptive study. The method was the survey method. The research population comprised the 2012 admission year students of PEHR with a total of 276 students. The sampling technique in the study was the incidental sampling technique. Selected by this technique, the sample consisted of 90 students. The data collecting instrument was a questionnaire. The data analysis technique was the percentage technique. The results of the study show that regarding the levels of the readiness to be professional teachers among the 2012 admission year students of PEHR, 7 students (11.66%) are very good, 13 students (12.67) are good, 22 students (36.67%) are fair, 17 students (28.33%) are poor, and 1 student (1.67%) is very poor. Based on the results, the readiness to be professional teachers among the 2012 admission year students of PEHR is fair, belonging to 22 students (36.67%). Keywords: professional teachers, students, Physical Education, Health, and Recreation .

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.