EFFECT OF EXERCISE PASING USING TARGETS TO PASSING SKILLS OF STUDENT IN FOOTBALL EXTRACURRICULAR

Mohamad Nur Fathony Pratama, , Indonesia

Abstract


Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan passing menggunakan target terhadap kemampuan passing siswsa peserta ekstrakurikuler sepakbola di MAN Pacitan Kabupaten Pacitan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen. Sample yang digunakan dalam eksperimen ini adalah siswa kelas XI yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di Man Pacitan. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-posstest one group. Perlakuan yang diberikan yaitu latihan passing menggunakan target. Tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan passing siswa berdasarkan instrument dengan nilai reliabel 0,82 dan nilai validitas 0,77. Hasil analisis statistik menunjukan hasil uji-t antara pre-test dan post-test memiliki nilai t hitung sebesar -12,161 dan t tabel sebesar -2,093 (df = 19) pada taraf signifikansi 5%, karena t hitung lebih kecil dari negatif t-tabel maka ada pengaruh yang signifikan. Dilihat dari nilai rata-rata, maka diperoleh nilai rata-rata pre-test = 4,3 dan nilai rata-rata post-test = 6,7, karena nilai rata-rata postest lebih besar dari nilai rata-rata pretest, maka ada pengaruh latihan passing menggunakan target terhadap kemampuan passing siswa sebesar 21,08 %. Kata Kunci: Passing, Target, Sepakbola Abstract This study aims to determine the effect of passing exercises using the target before and after exercise in football extracurricular activities at MAN Pacitan. This study is kind of experimental research. Sample used in this experiment is a class XI student who follow extracurricular football in Man Pacitan. The study design used is one-group pretest - posstest .Treatments that use the target passing drills. The tests used to measure the ability of passing students based instrument with reliable value 0.82 and validity value 0,77 . Statistical analysis shows the results of t-test between pre-test and post-test values t -12.161 and t table - 2.093 ( df = 19 ) at a significance level of 5 % , because t is smaller than the negative t-table then there significant influence. Judging from the average value, the obtained value of the average pre-test = 4.3 and the average value of the post-test = 6.7, because the average value postest greater than the average value of the pretest, then there the effect of passing using the target to passing skills is 21.08 %.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.