MAKNADANPENGALAMANPENGEMBANGANPROFESIBAGIGURU PENDIDIKANJASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SMP/SMA

Fuad Hasan, , Indonesia

Abstract


Abstrak Pengembangan Profesi merupakan salah satu kegiatan yang penting dalam dunia pendidikan. Kurangnya pengalaman gum tentang pengembangan profesi dan makna yang dilekatkan pada pengembangan keprofesian menjadi masalah tersendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman gum pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam pengembangan profesi mereka dan makna yang dilekatkan dalam pengalaman tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP/SMA di Yogyakarta yang berjumlah 9 guru. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yaitu dengan mendeskripsikan hasil secara kualitatif. Hasil penelitian adalah kegiatan pengembangan profesi yang diikuti oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP/SMA di Yogyakarta secara umum yaitu MGMP, PLPG, pelatihan kurikulum, pelatihan senam dan workshop PTK. Secara khusus pengembangan profesi yang diikuti oleh gum-guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMP/SMA di Yogyakarta yaitu pelatihan wasit dan kepelatihan cabang olahraga tertentu. Kata kunci: pengalaman, makna dan pengembangan keprofesian Abstract Profession development is an important action in education. Teachers' lack of profession development and the meaning attached to it creates an issue. This research aimed to find out the experience of health and physical education teachers in profession development and the meaning attached. This research is a qualitative research. The subject for this research is 9 health and physical education teachers of middle schools/high schools in Yogyakarta. The research instrument in this study is interview guide. The data was collected through interview and documentation. The analysis technique used was qualitative description. The result of this research shows the profession development for health and physical education teachers of middle schools/high schools in Yogyakarta in general included MGMP, PLPG, curriculum training, gymnastic training and PTK workshop. In specific, the profession developmentfor health and physical education teachers of middle schools/. • h schools in Yogyakartaincluded referee training and specific sport coaching.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.