FAKTOR PENDUKUNG PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI DI SMA NEGERI 1 PLAYEN GUNUNGKIDUL TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran permainan bolavoli di SMA Negeri 1 Playen Gunungkidul tahun ajaran 2015/2016 mempunyai prestasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar faktor pendukung pembelajaran permainan bolavoli di SMA Negeri 1 Playen Gunungkidul Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI yang terdiri atas 3 kelas di SMA Negeri 1 Playen Gunungkidul yang berjumlah 109 siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Faktor pendukung pembelajaran permainan bolavoli di SMA Negeri 1 Playen Gunungkidul tahun ajaran 2015/2016 berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 siswa), “kurang” sebesar 0% (0 siswa), “sedang” sebesar 21,10% (23 siswa), “baik” sebesar 56,88% (62 siswa), dan “sangat baik” sebesar 22,02% (24 siswa). (2) Faktor internal indikator fisik 48,92% dan psikologis 51,08%. (3) Faktor eksternal indikator guru 24,67%, materi pelajaran 19,09%, sarana dan prasarana 19,26%, lingkungan sebesar 19,32%, dan peran orang tua 17,57% Kata kunci: faktor pendukung, pembelajaran, bolavoli Abstract The background of this research is the volley ball teaching process in SMA Negeri 1 Playen Gunungkidul on academic year of 2015/2016 has a good achievement. The aim of this research is to know how far of the supporting factors of volley ball teaching process in SMA Negeri 1 Playen Gunungkidul on academic year of 2015/2016. This research is a descriptive research. The method used is survey by the technique of collecting data using questionnaire. The subject of this research is all the students of grade XI which are including of 3 classes in SMA Negeri 1 Playen Gunungkidul of 109 students. The technique of data analysing used is descriptive quantitative analysis which forms on percentage. The result of the research shows that (1) the supporting factors of volley ball teaching and learning process in SMA Negeri 1 Playen Gunungkidul on academic year of 2015/2016 which on the category of “very lack” is 0% () student), “lack” is 0% (0 student), “fair” is 21,10% (23 students), “well” is 56,88% (62 students), and “very well” is 22,02% (24 students); (2) internal factors of physic indicators is 48,92% and psychological indicators is 51,08%; (3) external factors of teacher is 24,67%, teaching material is 19,09%, facilities is 19,26%, environment is 19,32%, and the role of parents is 17,57%. Keywords: supporting factors, teaching process, volley ball
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.