TINGKAT KETERJ_,AKSANAAN PEMBELAJARAN PENJAS DI SMK N SE- KABUPATEN BANTUL

Arif Munawar, , Indonesia

Abstract


Abstrak Permasalahan yang ada di SMK N Se- Kabupaten Bantul adalah belum d.iketahuinya tingkat keberhasilan dari faktor-faktor pendukung pembelajaran pendidikan jasmani dari faktor kuikulum, siswa, guru dan sarana prasarana. Penelitian ini bertnjuan untuk mengidentifikasi tingkat keterlaksanaan pembelajaran pendidikanjasmani di SMK N .. Se- Kabupaten Bantul. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode survey. Subjek penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dengan validitas 0,475 sampai dengan 0.824 dan reliabilitas 0.740 . Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan pembelajaran di SMK N Se- Kabupaten Bantul adalah "Tinggi" mencapai 87,88%. Faktor-faktor tersebut meliputi: siswa dengan dukungan "Tinggi" (88,89%), guru dengan dukungan " Tinggi" (75,76%), kurikulum dengan dula.mgan "Tinggi" (96,97%),serta sarana dan prasarana dengan dukungan "Tinggi" (87,88%}. Kata Kunci: faktor pendukung, Pembelajaran penjds Abstrack The problems that exist in Elementary School Se district-Kretek, Bantu! is there has not already know the success rate of thefactors supporting the learning offactors kuikulum physical education, students, teachers and facilitates and infrastructure. This research aims to identify the exucutor degree the learning of physical education in Vocational Hight School Se-Bantu! Regency.Method that research use to conduct the study is survey method. The subjects were physical education teachers totaling 33 people. The instrument used in this study using a questionnaire with the validity 0,475 up to 0,824 and reliability 0, 740. The analysis technique used is quantitative descriptive statistics. The results showed that the exucutor degree of learning physical education at vocational Hight School in Bantu! is "High" reached 87.88%. These factors include: students with the support of "High" (88.89%), teachers with the support of "High" (75. 77%), curriculum with the support of "Very High" (96.97%), and facilities with the support of" High" (87.88%). , Key words: supporting factors, learning physical education

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.