TINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN SEPAKBOLA PADA SISWA PESERTA ESKTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SMP NEGERI 1 JOGONALAN KLATEN
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan bermain sepakbola pada siswa peserta ekstrkurikuler di SMP Negeri 1 Jogonalan Klaten, selain itu juga dapat dijadikan sebagai cara untuk mengevaluasi siswa tentang pemahaman dalam menguasai teknik dasar dalam bermain sepakbola yang telah diajarkan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dan teknik pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Subjek penelitian adalah siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Jogonalan sebanyak 25 anak. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengembangan tes kecakapan David Lee dari Subagyo Irianto (2010). Analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan tingkat keterampilan bermain sepakbola adalah dengan menggunakan deskriptif persentase dengan pengkategorian yang dibagi menjadi 5 kategori (sangat baik, baik, cukup, kurang, kurang sekali). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 Jogonalan memiliki keterampilan dengan kategori sangat baik sebanyak 3 siswa (12 %), kategori baik sebanyak 5 siswa (20%), kategori cukup sebanyak 10 siswa (40%), kategori kurang sebanyak 5 siswa (20%), dan kategori kurang sekali sebanyak 2 siswa (8%). Kata kunci : Keterampilan, Sepakbola, Siswa Peserta Ekstrakurikuler Abstract This study aims to determine the skill level of football games of students who participate football extracurriculer in State Junior High School 1 Jogonalan Klaten, and also can be used to evaluate students' understanding in mastering the primary techniques in football playing. This is a descriptive quantitative research using survey methods. Data collection techniques used were test and measurement. The subjects were students who participate football extracurricular with a total of 25 students. The instrument used to collect the data is the development of a certification test according to David Lee from Subagyo irianto (2010). Data analyses technique used was descriptive percentages with categorization which is divided into five categories (very good, good, medium, poor, and very poor). The results of this study indicated that the skills of the students who participate the football extracurricular soccer in State Junior High School 1 Jogonalan Klaten were including excellent category of three students (12%), good category of five students (20%), a medium category of 10 students (40%), poor category of five students (20%), and very poor category of 2 students (8%). Keywords: Skill, Football, Students who Participate Football Extracurricular
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.