PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL TERHADAP PRESTASI LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER ATLETIK DI SMP NEGERI 1 TANJUNGSARI GUNUNGKIDUL

Imam Khoirudin,

Abstract


Abstrak Permasalahan yang dihadapi adalah bahwa peserta ekstrakurikuler Atletik di SMP Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul mempunyai prestasi lompat jauh yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional terhadap prestasi lompat jauh gaya jongkok pada peserta ekstrakurikuler Atletik di SMP Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan desain “One Group Pretest-Postest Design”. Populasi penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler Atletik di SMP Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul yang berjumlah 20 siswa, semua dijadikan subjek penelitian sehingga disebut penelitian populasi. Instrumen yang digunakanuntuk mengukur prestasi lompat jauh adalah adalah tes lompat jauh. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan tradisional terhadap prestasi lompat jauh gaya jongkok pada peserta ekstrakurikuler Atletik di SMP Negeri 1 Tanjungsari Gunungkidul, dengan nilai t hitung 6,881 > ttabel 2,093, dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 2,59%, sehingga Ha diterima. Kata kunci: permainan tradisional, prestasi lompat jauh Abstract The problem faced is that the track and field extracurricular members of SMP Negeri 1 Tanjungsari Gunung Kidul have a poor achievement in long jump. The research intends to determine the influence of the traditional game on the long jump squat style achievement of the track and field extracurricular members of SMP Negeri 1 Tanjungsari Gunung Kidul. The type of this research was an experiment with the design of "One Group Pretest-Posttest Design". This research population was the track and field extracurricular members in SMP Negeri 1 Tanjungsari Gunung Kidul with the total 20 students, all of them were used as research subjects so-called population research. The research instrument was using the long jump test. The data analysis was using t-test with the significance level at 5%. The results show that there is an influence of traditional games on the achievement of long jump squat style of the track and field extracurricular members of SMP Negeri 1 Tanjungsari, Gunung Kidul, with the score of t count was at 6.881 > t table at 2.093, and the significance value 0.000 < 0.05, and the increase in the percentage is at 2.59%, so that Ha is accepted. Keywords: traditional games, long jump achievement

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.