TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN KOLAM RENANG UMBUL PONGGOK KABUPATEN KLATEN JAWA TENGAH
Abstract
Abstrak Kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting untuk meningkatkan pengunjung kolam renang Umbul Ponggok. Perbaikan fasilitas seperti perluasan lahan parkir, menambah jumlah kamar mandi dan kebersihan air menjadi pendorong kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan kolam renang Umbul Ponggok Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode survey dengan pengambilan data menggunakan angket. Populasi penelitian ini adalah pengunjung kolam renang Umbul Ponggok, sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan 80 responden yang diambil dengan metode Insidental sampling. Hasil uji coba instrumen dari 38 butir pernyataan, gugur 9 butir pernyataan dan diperoleh 29 butir pernyataan valid dan reliabilitasnya sebesar 0,911 yang dihitung dengan program SPSS versi 16. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil dari penelitian tingkat kepuasan pelanggan kolam renang Umbul Ponggok Kabupaten Klaten Jawa Tengah yaitu (1) faktor kualitas produk masuk kategori memuaskan dengan persentase 76,25%, (2) faktor harga masuk kategori memuaskan dengan 52,5%, (3) faktor kualitas pelayanan masuk kategori memuaskan dengan 81,25%, (4) faktor emosional masuk kategori memuaskan dengan 52,5%, dan (5) faktor kemudahan masuk kategori memuaskan dengan 57,5%. Kata kunci : tingkat kepuasan pelanggan, Umbul Ponggok Abstract Customers satisfaction is an important thing to increase the number of visitor in Umbul Ponggok swimming pool. Facility improvement such as, widening parking area, adding bath room, and water sanitation are needed to get visitor satisfaction. This research aims to measure the level of customers satisfaction in Umbul Ponggok swimming pool, Klaten regency, Central Java. This research employs descriptive quantitative method by using questionnaire. The population of this research is the customers of Umbul Ponggok swimming pool, meanwhile the researcher takes 80 respondents, which is chosen with incidental sampling method. From 38 questions, there are 9 questions which is not valid, meanwhile the rest, 29 question is valid, the reability of the question is 0,911 counted by SPSS 16 program, technique of data analysis applies descriptive percentage analysis. The result of the research show that the level of customers satisfaction in Umbul Ponggok, Klaten regency, Central Java, as follows (1) product quality factor is satisfying with the percentage 76,25% (2) price factor is categorized into satisfying with the percentage 52,5% (3) service quality factor is satisfying with the percentage 81,25% (4) emotional factor is also categorized into satisfying with percentage 52,5% (5) the access to the location factor is satisfying with percentage 57,5% Keywords: level of customer satisfaction, Umbul Ponggok
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.