PERSEPSI SISWA SMA N 1 PARIGI PANGANDARAN TERHADAP PEMBELAJARAN RENANG

Yudi Ruspiandi,

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan belum diketahuinya persepsi siswa SMA N 1 Parigi Pangandaran terhadap pembelajaran renang. Ditambah dengan letak SMA N 1 Parigi Pangandaran berada pada daerah yang cukup dekat dengan pantai, maka pentingnya mengetahui manfaat pembelajaran renang bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa SMA N 1 Parigi Pangandaran terhadap pembelajaran renang pada tahun 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA N 1 Parigi Pangandaran tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 920 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional stratified random sampling. Sampel berjumlah 108 siswa, yaitu dengan mengambil 4 siswa secara acak dari masing-masing kelas dari 27 kelas yang ada. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berjumlah 22 soal yang disusun berdasarkan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif dalam bentuk deskriptif dan distribusi frekuensi. Hasil penelitian ini menunjukkan persepsi siswa SMA N 1 Parigi Pangandaran terhadap pembelajaran renang secara rinci dalam kategori 72,22% sangat positif, 25,00% positif, 2,78% kurang positif, 0,0% negatif Kata kunci: Persepsi, Pembelajaran renang. Abstract This research is motivated by the issues of the perception of students in SMA N 1 Parigi Pangandaran towards swimming lesson which is not yet known. Moreover, the location of SMA N 1 Parigi Pangandaran which area is close enough to the coast makes it important to know the benefits of swimming lesson for the students. This research aims to describe the perception of students in SMA N 1 Parigi Pangandaran about swimming lesson in academic year 2015/2016. This research type is a descriptive research with quantitative approach. The subjects of this research are every students of SMA N 1 Parigi Pangandaran in academic year 2015/2016, totaling 920 students. The sampling method used is proportional stratified random sampling. The sample are 108 students; 4 students are randomly picked from every classes of total 27 classes. The data collecting method used is a questionnaire with 22 questions which is arranged by Likert scale. The data analysis method used is a statistic descriptive in the form of descriptive and frequency distribution. The result of this research shown that the perception of SMA N 1 Parigi Pangandaran students towards swimming lesson in detailed category are 72.22% very positive, 25.00% positive, 2.78% less positive, negative 0.0%. Keywords: Perception, Swimming lesson.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.