UPAYA MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI KELAS XI AP I SMK MUHAMMADIYAH I WATES MELALUI PENDEKATAN TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU

Apri Dewi Utami,

Abstract


Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan metode mengajar permainan bolavoli yang tidak tepat sehingga menyebabkan siswa tidak aktif dan kurang tertarik dengan pembelajaran bolavoli . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran passing bawah bolavoli melalui pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) pada kelas XI AP I SMK Muhammadiyah I Wates. Subjek penelitian pada ini adalah siswa kelas XI AP I SMK Muhammadiyah I Wates berjumlah 22 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasi. Penelitian ini menggunakan instrumen yaitu, lembar observasi untuk guru dan siswa. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) dapat meningkatkan proses pembelajaran passing bawah kelas XI AP I SMK Muhammadiyah I Wates. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa (1) Dengan menggunakan pendekatan Teaching Games for Understanding (TGfU) siswa menjadi lebih aktif, senang dan tertarik untuk mengikuti pembelajaran bolavoli, (2) Hasil belajar yang dicapai siswa meningkat dengan nilai rata-rata kelas 76,5 % (Sangat Baik) dan hasil observasi keaktifan siswa dengan skor total 9 (Baik). Kata kunci: TGfU, passing bawah, dan pendekatan. INCREASING THE LEARNING PROCESS ON UNDER PASSING TECHNIQUE IN VOLLEY BALL ON ELEVENTH GRADE AP 1 STUDENTS OF SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES BY USING TEACHING GAMES FOR UNDERSTANDING (TGFU) APPROACH Abstract This research is conducted due to the misusing of volley ball teaching method which cause students disinterest in the volley ball teaching. The purpose of this research is to know under passing volley ball theaching process using Teaching Games for Understanding (TGfU) approach in XI AP I SMK Muhammadiyah I Wates. The subject of this research are twenty two students of XI AP I SMK Muhammadiyah I Wates. This research is Classroom Action Research which is conducted collaboratively and participant. This research use observation sheets for students and teachers as it’s instrument. This research is quantitative research. The finding shows that Teaching Games for Understanding (TGfU) approach can increase under passing volley ball teaching process in XI AP I SMK Muhammadiyah I Wates. This Classroom Action Research shows that (1) Using Teaching Games for Understanding (TGfU) approach students become more active, cheerfull, and interested in the involvement of volley ball learning, (2) The final mark of the students increase until 76,5 % class average (very good) and the result of students involvement reach total score 9 (good). Key words: TGfU,under passing, and approaching.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.