FAKTOR – FAKTOR PENDUKUNG SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMP NEGERI 5 BANGUNTAPAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Muhammad Ranggayudha Mahendra, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 5 Banguntapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui presentase faktor-faktor yang mendukung siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 5 Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 5 Banguntapan yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor–faktor yang mendukung siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler bolavoli di SMP Negeri 5 Banguntapan berdasarkan faktor intern dari aspek fisik dengan presentase 33,81 % masuk kategori mendukung, psikologis sebesar 34,38 % masuk kategori mendukung, dan kelelahan sebesar 32,81 % kategori mendukung. Sedangkan faktor ekstern dari aspek keluarga dengan presentase 33,33 %, masuk kategori kurang mendukung, sekolah sebesar 33,33 % kategori kurang mendukung, dan dari masyarakat sebesar 33,34 % kategori kurang mendukung. Kata kunci: faktor pendukung, ekstrakurikuler bolavoli, SMP Negeri 5 Banguntapan ABSTRACT The background of this research is the problem faced by students in participating on volleyball extracurricular in SMP N 5 Banguntapan. The purpose of this research is to find out the supporting factors for students in participating on volleyball extracurricular in SMP N 5 Banguntapan. It is a descriptive research. The method used in this research is survey by using questionnaires in collecting the data. The subject of the research is 40 students of SMP N 5 Banguntapan who participate on volleyball extracurricular. The data were collected by using a test, then were analysed by using quantitative-descriptive method and percentage. The results showed that the supporting factors for students in participating on volleyball extracurricular in SMP N 5 Banguntapan were based on the internal factors from the physical aspect of 33,81% which is categorized as supporting, psychological aspect of 34,38% which is categorized as supporting and fatigue aspect of 32,81% which is categorized as supporting. While the external factors are from the family aspect of 33,33%, which is categorized as less-supporting, school aspect of 33,33% which is categorized as less-supporting, and community aspect of 33,34% which is categorized as lesssupporting. Keywords: supporting factors, volleyball extracurricular, SMP N 5 Banguntapan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.