MODEL PEMANASAN BERBASIS GERAK & LAGU BAGI ANAK TUNANETRA
Abstract
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pamanasan yang dapat mengajarkan siswa tunanetra gerak pemanasan/beraktivitas mengunakan media, dengan memberikan contoh berupa CD dan buku panduan kepada guru penjas di SLB. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan mengunakan penelitian pengembangan (Research and Development), dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari 4 tahapan yaitu: (1) Analysis (tahap analisis), (2) Design (tahap desain), (3) Development & Implementation (tahap pengembangan dan impelmentasi), (4) Evaluation (tahap evaluasi). Hasil dari penelitian tersebut menunjukan bahwa Model Pemanasan Berbasis Gerak & Lagu Bagi Anak Tunanetra dinyatakan layak sebagai model pemanasan untuk anak tunanetra di SLB. Hal ini didukung oleh hasil uji kelayakan yang diperoleh dari beberapa penguji, ahli materi dengan skor rata-rata: (4,2) dengan kategori sangat baik, ahli media dengan skor rata-rata: (4,75) dengan kategori sangat baik, praktisi dengan skor rata-rata: (4,0) dengan kategori baik, dan uji lapangan mendapatkan skor rata-rata: (4,24) dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Pemanasan, Gerak & Lagu, Anak Tunanetra. Abstract This study aims to produce a warming up model to teach the students with Visual Impairment the warming-up activities using medium by giving them a model with video containing model which is provided through CDs and the guideline books to the teachers in the special school. To achieve the objective, this research employed the research development design with the ADDIE development model. It comprises 4 stages, namely: (1) Analysis (2) Design, (3) Development & Implementation, and (4) Evaluation. They are the content expert, the media expert, and the practitioner. The scores consecutively are 4, 2 with a very good category; 4, 75 with a very good category, and 4 with a good category. Added to this, the score from the try-out test showed 4, 24 with a very good category. Keywords: Warming-up activities, Motion & Songs, Children with Visual Impairment.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.