PENGGUNAAN GAYA MENGAJAR GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN SMP/MTS SE-KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG
Saryono Saryono, , Indonesia
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui persentase penggunaan gaya
mengajar guru penjas SMP dan MTS se-Kecamatan Grabag.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan
metode survei. Penelitian ini melibatkan 15 guru pendidikan jasmani olahraga kesehatan
SMP dan MTS se-Kecamatan Grabag sebagai responden penelitian. Instrumen yang
digunakan berupa angket kuisoner.
Hasil yang diperoleh pada setiap gaya mengajar adalah 87% guru menggunakan
gaya komando, 67% guru menggunakan gaya tugas/latihan, 53% guru menggunakan
gaya resiprokal, 60% guru menggunakan gaya periksa diri, 53% guru menggunakan
gaya inklusi, 40% guru menggunakan gaya penemuan terpimpin, 47% guru
menggunakan gaya divergen, dan 33% guru menggunakan gaya konvergen.
Kata kunci: identifikasi, gaya mengajar, guru pendidikan jasmani
mengajar guru penjas SMP dan MTS se-Kecamatan Grabag.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan
metode survei. Penelitian ini melibatkan 15 guru pendidikan jasmani olahraga kesehatan
SMP dan MTS se-Kecamatan Grabag sebagai responden penelitian. Instrumen yang
digunakan berupa angket kuisoner.
Hasil yang diperoleh pada setiap gaya mengajar adalah 87% guru menggunakan
gaya komando, 67% guru menggunakan gaya tugas/latihan, 53% guru menggunakan
gaya resiprokal, 60% guru menggunakan gaya periksa diri, 53% guru menggunakan
gaya inklusi, 40% guru menggunakan gaya penemuan terpimpin, 47% guru
menggunakan gaya divergen, dan 33% guru menggunakan gaya konvergen.
Kata kunci: identifikasi, gaya mengajar, guru pendidikan jasmani
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.