PERBEDAAN TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS KHUSUS OLAHRAGA DENGAN SISWA REGULER DI SMP N 13 YOGYAKARTA
Dimyati Dimyati, , Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui perbedaan tingkat kecerdasan emosional
siswa kelas khusus olahraga dengan siswa reguler di SMP N 13Yogyakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa – siswi. SMP N 13Yogyakarta kelas
reguler dan kelas khusus olahraga, populasi dalam penelitian ini terdiri dari 118 siswa yang mengikuti
program KKO dan reguler. Instrumen penelitian ini menggunakan penelitian Dion Prasetyo (2015)
tentang tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler olahraga 26
pertanyaan yang meliputi aspek mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali
emosi orang lain dan membina hubungan. Yang memiliki nilai alpha cronbach sebesar 0,839. Analisis
data dilakukan dengan analisis komparatif yang di tuangkan kedalam persentase tingkat kecerdasan
emosional. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diketahui nilai p = 0,000, karena p <
0,05, maka hal ini berarti menunjukkan bahwa ada perbedaan kecerdasan emosional antara siswa KKO
dengan siwa reguler dengan hasil tingkat kecerdasan emosional siswa KKO lebih baik dibandingkan
dengan siswa reguler di SMP N 13 Yogyakarta.
.
Kata kunci: kecerdasan emosional, siswa KKO, siswa reguler
siswa kelas khusus olahraga dengan siswa reguler di SMP N 13Yogyakarta. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa – siswi. SMP N 13Yogyakarta kelas
reguler dan kelas khusus olahraga, populasi dalam penelitian ini terdiri dari 118 siswa yang mengikuti
program KKO dan reguler. Instrumen penelitian ini menggunakan penelitian Dion Prasetyo (2015)
tentang tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler olahraga 26
pertanyaan yang meliputi aspek mengenali emosi, mengelola emosi, memotivasi diri sendiri, mengenali
emosi orang lain dan membina hubungan. Yang memiliki nilai alpha cronbach sebesar 0,839. Analisis
data dilakukan dengan analisis komparatif yang di tuangkan kedalam persentase tingkat kecerdasan
emosional. Berdasarkan hasil perhitungan yang telah dilakukan, diketahui nilai p = 0,000, karena p <
0,05, maka hal ini berarti menunjukkan bahwa ada perbedaan kecerdasan emosional antara siswa KKO
dengan siwa reguler dengan hasil tingkat kecerdasan emosional siswa KKO lebih baik dibandingkan
dengan siswa reguler di SMP N 13 Yogyakarta.
.
Kata kunci: kecerdasan emosional, siswa KKO, siswa reguler
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.