PERBANDINGAN ANTARA LATIHAN PASSING BERPASANGAN DAN PASSING KE DINDING TERHADAP AKURASI PASSING ATAS PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMA NEGERI 2 PURBALINGGA TAHUN 2018/2019

Ratiyo Dwi Atmoko, , Indonesia
Suhadi Suhadi, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan antara latihan passing berpasangan dan
passing ke dinding terhadap akurasi passing atas peserta ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 2
Purbalingga  tahun  pelajaran  2018/2019.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  eksperimen  dengan
desain “two groups pre-test-post-test design”. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler
bola voli di SMA Negeri 2 Purbalingga yang berjumlah 18 siswa. Instrumen tes akurasi passing
atas menggunakan tes passing atas dari AAHPER. Analisis data menggunakan uji t taraf signifikansi
5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang signifikan latihan passing atas
berpasangan terhadap akurasi passing atas anggota ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 2
Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019, dengan t hitung 2,000 > t tabel 2,306, dan nilai signifikansi 0,000
< 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 12,11%. (2) Ada pengaruh yang signifikan latihan passing atas
ke dinding terhadap akurasi passing atas anggota ekstrakurikuler bola voli di SMA Negeri 2
Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019, dengan t hitung 15,119 > t tabel 2,306, dan nilai signifikansi 0,000
< 0,05, dan kenaikan persentase sebesar 18,10%. (3) Latihan passing atas ke dinding lebih baik
daripada latihan passing atas berpasangan terhadap akurasi passing atas anggota ekstrakurikuler bola
voli di SMA Negeri 2 Purbalingga tahun pelajaran 2018/2019, dengan t hitung
3,250 > t tabel = 2,120 dan sig, 0,005 < 0,05.

Kata kunci: latihan passing berpasangan, passing ke dinding, akurasi passing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.