ANALISIS BUTIR SOAL UAS GANJIL MAPEL PENJASORKES KELAS VII SMP N 1 JATI, KABUPATEN KUDUS TA 2018/2019
Ngatman Ngatman, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran
Penjasorkes SMP Negeri 1 Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi
dalam penelitian iniĀ adalah peserta didik VII C SMP N 1 Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2018
2019. Pengambilan sampel penelitian ini adalah sample random sampling. Seluruh sampel yang akan digunakan
dalam penelitian ini berjumlah 34 peserta didik. Data diperoleh melalui metode dokumentasi yaitu: kisi-kisi
soal,soal ujian, kunci jawaban, dan lembar jawab peserta didik. Selanjutnya data tersebut diinput dan diolah
menggunakan program Anates versi 4.09. untuk mengetahui kualitas butir soal berdasarkan validitas, reliabilitas,
tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh.
Hasil analisis kualitas butir soal menunjukkan bahwa soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran
Penjasorkes dari total 40 butir soal pilihan ganda, ditinjau dari (1) validitas menunjukkan 24 butir soal (60%) sudah
valid, 16 butir soal (40%) tidak valid, (2) ditinjau dari reabilitas , soal tersebut memiliki koefisien reliabilitas yang
rendah yaitu sebesar 0,53, (3) segi tingkat kesukaran menunjukkan 2 butir soal (5%) sukar, 11 butir soal (27,5%)
sedang, dan 27 butir soal (67,5%) mudah. (4) Ditinjau dari daya pembeda, didapatkan 1 butir soal (2,5%) sangat
jelek, 21 butir soal (52,5%) jelek, 12 butir soal (30%) sedang, 3 butir soal (7,5%) baik, dan 3 butir soal (7,5%)
sangat baik. (5) dari efektivitas pengecoh, didapat sebanyak 10 butir soal (25%) sangat baik, 15 butir soal (37,5%)
baik, 10 butir soal (25%) cukup baik, dan 5 butir soal (12,5%) tidak baik.
Kata kunci: Evaluasi, Kualitas Butir soal, SMP Negeri 1 Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus
Penjasorkes SMP Negeri 1 Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi
dalam penelitian iniĀ adalah peserta didik VII C SMP N 1 Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2018
2019. Pengambilan sampel penelitian ini adalah sample random sampling. Seluruh sampel yang akan digunakan
dalam penelitian ini berjumlah 34 peserta didik. Data diperoleh melalui metode dokumentasi yaitu: kisi-kisi
soal,soal ujian, kunci jawaban, dan lembar jawab peserta didik. Selanjutnya data tersebut diinput dan diolah
menggunakan program Anates versi 4.09. untuk mengetahui kualitas butir soal berdasarkan validitas, reliabilitas,
tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh.
Hasil analisis kualitas butir soal menunjukkan bahwa soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran
Penjasorkes dari total 40 butir soal pilihan ganda, ditinjau dari (1) validitas menunjukkan 24 butir soal (60%) sudah
valid, 16 butir soal (40%) tidak valid, (2) ditinjau dari reabilitas , soal tersebut memiliki koefisien reliabilitas yang
rendah yaitu sebesar 0,53, (3) segi tingkat kesukaran menunjukkan 2 butir soal (5%) sukar, 11 butir soal (27,5%)
sedang, dan 27 butir soal (67,5%) mudah. (4) Ditinjau dari daya pembeda, didapatkan 1 butir soal (2,5%) sangat
jelek, 21 butir soal (52,5%) jelek, 12 butir soal (30%) sedang, 3 butir soal (7,5%) baik, dan 3 butir soal (7,5%)
sangat baik. (5) dari efektivitas pengecoh, didapat sebanyak 10 butir soal (25%) sangat baik, 15 butir soal (37,5%)
baik, 10 butir soal (25%) cukup baik, dan 5 butir soal (12,5%) tidak baik.
Kata kunci: Evaluasi, Kualitas Butir soal, SMP Negeri 1 Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.