PELAKSANAAN EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA DALAM MAPEL PJOK DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN JEPARA
Guntur Guntur, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa dalam mata
pelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.
Metode yang digunakan adalah survey dengan teknik prngambilan data menggunakan kuesioner dalam
bentuk angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Jepara yaitu
29 guru, karena keseluruhan populasi dijadikan sampel sehingga penelitian ini disebut penelitian
populasi/total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK di SMA Negeri
se-Kabupaten Jepara berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% atau berjumlah 0 guru, pada
kategori “Kurang” sebesar 31,03% atau berjumlah 9 guru, pada kategori “Cukup” sebesar 44,83% atau
berjumlah 13 guru, pada kategori “Baik” sebesar 10,34% atau berjumlah 3 guru, dan pada kategori
“Sangat Baik” sebesar 13,80% atau berjumlah 4 guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Jepara
berada pada kategori cukup.
Kata kunci: evaluasi hasil belajar, PJOK, SMA Negeri
pelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif.
Metode yang digunakan adalah survey dengan teknik prngambilan data menggunakan kuesioner dalam
bentuk angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Jepara yaitu
29 guru, karena keseluruhan populasi dijadikan sampel sehingga penelitian ini disebut penelitian
populasi/total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK di SMA Negeri
se-Kabupaten Jepara berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% atau berjumlah 0 guru, pada
kategori “Kurang” sebesar 31,03% atau berjumlah 9 guru, pada kategori “Cukup” sebesar 44,83% atau
berjumlah 13 guru, pada kategori “Baik” sebesar 10,34% atau berjumlah 3 guru, dan pada kategori
“Sangat Baik” sebesar 13,80% atau berjumlah 4 guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK di SMA Negeri se-Kabupaten Jepara
berada pada kategori cukup.
Kata kunci: evaluasi hasil belajar, PJOK, SMA Negeri
Refbacks
- There are currently no refbacks.