PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA ANAK TUNADAKSA DI SLB NEGERI TAMANWINANGUN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Yuyun Ari Wibowo, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan
jasmani adaptif pada anak tunadaksa di SLB Negeri Tamanwinangun.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Desember
2018 sampai dengan Januari 2019. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru penjas adaptif, guru pendamping kelas,
kepala sekolah, dan beberapa peserta didik tunadaksa. Analisis data yang digunakan yaitu data
collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumusan tujuan sudah sesuai dengan kondisi peserta didik
dan penyusunan perangkat pembelajaran belum sepenuhnya sesuai dengan kurikulum 2013.
Pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori meskipun kondisi pengalaman guru
penjas adaptif masih tergolong minim di sekolah luar biasa. Evaluasi pembelajaran dilakukan setiap
akhir pembelajaran, akhir pertemuan setiap materi, dan setiap akhir semester. Jenis evaluasi untuk kelas
besar teori dan praktik sedangkan kelas kecil hanya praktik. Tindak lanjut dari evaluasi ini adalah
pengembangan bina gerak bagi peserta didik yang kemampuan motoriknya masih kurang serta dijadikan
bahan acuan guru penjas adaptif untuk pembelajaran kedepannya.
Kata kunci: anak tunadaksa, pembelajaran pendidikan jasmani adaptif
jasmani adaptif pada anak tunadaksa di SLB Negeri Tamanwinangun.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan pada bulan Desember
2018 sampai dengan Januari 2019. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru penjas adaptif, guru pendamping kelas,
kepala sekolah, dan beberapa peserta didik tunadaksa. Analisis data yang digunakan yaitu data
collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perumusan tujuan sudah sesuai dengan kondisi peserta didik
dan penyusunan perangkat pembelajaran belum sepenuhnya sesuai dengan kurikulum 2013.
Pelaksanaannya sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan teori meskipun kondisi pengalaman guru
penjas adaptif masih tergolong minim di sekolah luar biasa. Evaluasi pembelajaran dilakukan setiap
akhir pembelajaran, akhir pertemuan setiap materi, dan setiap akhir semester. Jenis evaluasi untuk kelas
besar teori dan praktik sedangkan kelas kecil hanya praktik. Tindak lanjut dari evaluasi ini adalah
pengembangan bina gerak bagi peserta didik yang kemampuan motoriknya masih kurang serta dijadikan
bahan acuan guru penjas adaptif untuk pembelajaran kedepannya.
Kata kunci: anak tunadaksa, pembelajaran pendidikan jasmani adaptif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.