HUBUNGAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 KALASAN TAHUN AJARAN 2017/2018
Soni Nopembri, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Hubungan Lingkungan Teman Sebaya dengan
Prestasi Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, 2) Hubungan Motivasi Belajar
dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK, 3) Hubungan Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi
Belajar secara bersama-sama dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK. Penelitian ini merupakan
penelitian ex post-facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3
Kalasan Tahun Ajaran 2017/2018 sebanyak 128 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode
angket. Uji coba instrumen penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Kalasan sebanyak 32 siswa. Uji
validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha.
Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji
heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk
hipotesis pertama dan kedua serta analisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Hasil penelitian ini
adalah 1) Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran
PJOK yang ditunjukkan dengan nilai (r) sebesar 0,236; (R square) sebesar 0,056; 2) Motivasi Belajar
berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK yang ditunjukkan dengan nilai (r)
sebesar 0,261; (R square) sebesar 0,068; 3) Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar
berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PJOK yang ditunjukkan dengan nilai (r)
sebesar 0,270; (R
square) sebesar 0,073.
Kata Kunci: Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar PJOK
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.